Nyaris Kalah, Manchester United Akhirnya Imbang Lawan Burnley

Ar | Selasa, 26 Desember 2017 - 23:56 WIB
Nyaris Kalah, Manchester United Akhirnya Imbang Lawan Burnley

JAKARTA (wartamerdeka)  - MU hampir saja kalah. Untung ada pemain pengganti, Jesse Lingard yang berhasil membuat Setan Merah terhindar dari kekalahan. Dua gol Lingard di babak kedua membuat Manchester United mengakhiri pertandingan lawan Burnley di Old Trafford, Selasa (26/12) dengan skor imbang 2-2.

Manchester United secara mengejutkan sempat tertinggal 0-2 di 45 pertama laga berlangsung. Gol Ashley Barnes dan Steven Defour membuat Romelu Lukaku dan kawan-kawan tertunduk lesu saat turun minum.

Gol Barnes di menit ketiga berawal dari tendangan bebas Johann Berg Gudmundsson yang gagal dihalau oleh Romelu Lukaku. Bola liar didapatkan oleh Barnes yang dengan dingin menaklukkan David de Gea untuk membawa Burnley unggul 1-0.

 

Pada menit ke-36, Steven Defour melepaskan tembakan bebas indah yang bersarang di pojok kanan gawang Manchester United. De Gea sudah berusaha menghalau namun tangannya tak dapat menjangkau bola tersebut.

Masuk ke babak kedua, Jose Mourinho sepertinya menyadari keputusan menurunkan Romelu Lukaku dan Zlatan Ibrahimovic bersamaan bukan ide yang bagus. Ia pun menurunkan Jesse Lingard untuk menggantikan Ibrahimovic dan memainkan Henrikh Mkhitaryan untuk menggantikan Marcos Rojo.

Dengan kehadiran Mkhitaryan dan Lingard, permainan Manchester United jadi lebih cepat. Lingard pun sukses memperkecil kedudukan jadi 1-2 lewat tendangan back heel memanfaatkan umpan Ashley Young di menit ke-53.

Setelah berhasil mencetak satu gol balasan, Manchester United terus berusaha menekan pertahanan Burnley. Namun kedisiplinan lini belakang Burnley membuat Paul Pogba dan kawan-kawan sulit menemukan celah.

Setiap Manchester United melakukan serangan, ada 7-8 pemain Burnley yang bersiaga di sekitar area kotak penalti. Ruang gerak pemain-pemain ’Setan Merah’ pun makin sempit.

Dalam kondisi terjepit, Lingard akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time. Tendangannya di dalam kotak penalti tidak bisa diduga oleh kiper Burnley, Nick Pope. Kedudukan pun sama kuat 2-2.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1)

De Gea; Young, Jones, Rojo (Mkhitaryan 46), Shaw; Pogba, Matic; Mata, Ibrahimovic (Lingard 46), Rashford; Lukaku

Burnley (4-5-1)

Pope; Bardsley, Long, Ben Mee, Taylor; Gudmundsson, Cork, Hendrick, Defour(Vokes 67), Arfield; Barnes (Walters 81)