Pesta Siaga Kwarcab 11.01 Digelar di Gandrungmangu

Agus | Sabtu, 10 Februari 2018 - 02:45 WIB
Pesta Siaga Kwarcab 11.01 Digelar di Gandrungmangu

CILACAP (wartamerdeka) - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 11.01 Cilacap akan melaksanakan kegiatan Pesta Siaga Tahun 2018, Sabtu (10/2/2018). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 1 hari di Lapangan Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap.

Seperti diinformasikan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Cilacap melalui situs resminya, tahun ini pesta siaga diikuti 552 peserta, terdiri dari 480 Pramuka Siaga Barung Putra dan Putri. Selain itu juga 48 pendamping, serta 24 pmpinan kontingen dari 24 Kwartir Ranting se – Kabupaten Cilacap.“Kegiatan ini merupakan wadah pembinaan bagi peserta. Setelah mengikuti Pesta Siaga, diharapkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan anggota semakin meningkan untuk mengembangkan gugus depan masing-masing”, kata Andalan Cabanag Urusan Humas Kwarcab 11.01 Cilacap, Taryo, S.Sos,M.Si.

Lebih lanjut Taryo berharap, kegiatan Pesta Siaga dapat menanamkan perilaku baik dalam kehidupan sehari hari pada diri peserta, sesuai janji Dwi Dharma dan Dwi Satya Pramuka. Selama kegiatan berlangsung, peserta akan mengikuti beberpa materi lomba.

Antara lain kompetensi dasar berupa ketaqwaan, tanda pengenal seragam Pramuka, rangking I Siaga Gembira, pengamatan dan daya ingat, scouting skills, baris berbaris, lempat tangkap tongkat, pentas budaya, dan lain-lain.

“Bagi barung tergiat baik putra maupun putri akan mewakili Kwarcab 11.01 dalam kegiatan yang sama di tingkan Binwil Banyumas”, kata Taryo.