Enam Tokoh Jakarta Penjaga Anies-Sandi

Lintang Anindita | Selasa, 05 Desember 2017 - 21:09 WIB
Enam Tokoh Jakarta Penjaga Anies-Sandi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno

Jakarta, - Kepemimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno terus mendapat kritikan keras. Padahal, keduanya belum genap 100 hari memimpin DKI Jakarta.

Bully, kritik hingga cibiran terus mengarah ke pasangan yang diusung Gerindra dan PKS ini. Keduanya menjadi sasaran tembak Ahokers (pendukung Ahok, red) yang belum move on dari kekalahan. Belum lagi, jika Anies-Sandi melakukan blunder saat diwawancara wartawan. 

Meski begitu, duet berjargon "Maju Kotanya Bahagia Warganya" ini tidak ambil pusing. Anies-Sandi hanya ingin bekerja memenuhi 23 janji kampanyenya saat Pilkada DKI lalu. 

Nah, di tengah gempuran bully, ternyata ada tokoh-tokoh hebat yang secara suka rela tetap mengawal Anies-Sandi. Dari hasil penelusuran MerdekaNews, inilah tokoh-tokoh yang kerap membela Anies-Sandi dari gempuran lawan politiknya.

1. M Taufiik

Adalah Ketua Gerindra DKI Jakarta. Politisi kawakan ini yang pertama yakin kalau Anies-Sandi bakal mengalahkan Ahok-Djarot. Sejak awal kampanye hingga kini, Wakil Ketua DPRD itu terus mengawal kebijakan Anies-Sandi di DPRD.
Ketua KAHMI DKI Jakarta ini juga mampu meredam gejolak di Kebon Sirih saat pembahasan APBD 2018.

2. Boy Sadikin

Nama Boy Sadikin tentu tidak asing di telinga warga Jakarta. Putra almarhum Gubernur DKI Ali Sadikin ini dikenal sebagai pekerja keras memenangkan Anies-Sandi. Politisi senior ini rela keluar dari PDI Perjuangan demi memenangkan pasangan nomor urut 3 ini.
Rumah miliknya di Borobudur, Jakarta Pusat, dijadikan markas relawan pemenangan. Usai pilkada, Boy juga tetap berkoordinasi dengan para relawan di rumahnya.

3. Fahira Idris

Anggota DPD RI ini adalah pendiri Bang Japar (Jawara dan Pengacara). Putri politisi senior Golkar, Fahmi Idris ini terus bergerak meng-counter isu-isu negatif yang bertebaran di media sosial. Dengan Bang Japar pula lah, Fahira menyatakan siap mengawal program Anies-Sandi di masyarakat.

4. Selamat Nurdin

Nama dan sosok Selamat Nurdin memang jarang terdengar dan terlihat di depan publik. Tapi, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mampu meredam gejolak di Kebon Sirih untuk mengawal Anies-Sandi.
Bang Didin sapaan akrab Selamat Nurdin adalah politisi yang andal melakukan lobi antar-fraksi di DPRD DKI. Mantan Ketua PKS DKI Jakarta ini terkenal yang cerdik dalam menganalisa gerakan politik di Kebon Sirih.

5. Budi Siswanto

Dikalangan LSM dan ormas kepemudaan, Budi Siswanto dikenal sebagai pelobi ulung. Namanya, tercatat sebagai salah satu Juru Bicara (Jubir) Relawan Anies-Sandi di bawah naungan Boy Sadikin.
Walau jarang muncul, tapi dia kerap mengconter isu-isu negatif yang bertebaran di media sosial maupun media online dan cetak.

6. Naufal Firman Yursak

Terakhir Naufal Firman Yursak. Anak muda ini adalah salah satu Tim Komunikasi Anies-Sandi saat pilkada. Dia dikenal gesit dalam merangkul media dan mengatur isu-isu saat pilkada. Aktivis HMI yang juga dosen di salah perguruan tinggi swasta di Jakarta ini juga aktif menangkal isu-isu negatif di media sosial.