Cek Pabrik Ban Pengangkut Nuklir

Siapa Yang Mau Diserang Kim Jong Un?

Ira Saqila | Minggu, 03 Desember 2017 - 13:19 WIB
Siapa Yang Mau Diserang Kim Jong Un? Kim Jong Un

KORUT, MerdekaNews – Kim Jong Un tidak peduli dengan protes para pemimpin dunia soal teknologi nuklirnya. Bahkan, Pemimpin Korea Utara (Korut) ini seperti menantang.

Kim terlihat berkunjung ke sebuah pabrik ban untuk truk yang digunakan mengangkut rudal balistik antarbenua (ICBM). Rudal balistik tersebut diujicobakan pada pekan ini.

Seperti dilaporkan Sky News, Minggu (3/12/2017), Kim mengucapkan terima kasih kepada pekerja pabrik yang membuat ban tersebut.

Ia juga memuji para pekerja karena telah membuat ban untuk truk pengangkut rudal sumbu sembilan tanpa harus mengandalkan peralatan impor. Pabrik ban itu adalah Amnokgang Tyre Factory yang berada di ibu kota.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah sebuah demonstrasi publik dan pesta kembang api di Pyongyang yang merayakan peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-15.

Sebelumnya, Kim telah meminta pabrik tersebut agar membuat ban secara besar-besaran pada November. Menurut Kantor Berita Pusat Korut, dia juga meminta pabrik berupaya meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam mengembangkan ekonomi negara dan meningkatkan kemampuan pertahanan nasional.

Seperti diberitakan, Presiden Amerika Donald Trump meminta kepada Kim agar menghentikan produksi nuklir. Dia menuding, nuklir itu bisa membuat situasi dunia memanas.

Trump juga mengancam Kim kalau Amerika Serikat siap melawan Korut. Ancaman sama dilontarkan Perdana Menteri Australia Melcolm Turnbull. "Australia siap perang dengan Korut," ungkap Melcolm.