Desa Paranonge di Tojo Una-Una Sulteng, Dilaporkan Sukses KB

Tom | Senin, 25 Juni 2018 - 07:17 WIB
Desa Paranonge di Tojo Una-Una Sulteng, Dilaporkan Sukses KB Darnice Teigi A.Md.Keb, Bidan Desa Paranonge, bersama keluarga

TOJO UNA-UNA (wartamerdeka.net) - Program Nasional Keluarga Berencana (KB) terus digaungkan pemerintah sampai ke daerah, bahkan hingga ke pelosok desa. Tujuannya agar populasi penduduk dapat diatur dan terencana seiring dengan pelaksanaan pembangunan di daerah.

Salah satu desa yang juga turut merealisasikan program nasional ini adalah Desa Paranonge di Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Menurut Darnice Teigi A.Md.Keb, Bidan Desa Paranonge, desanya terbilang sukses di bidang KB.

"Sekitar 98% sukses KB di desa ini. Tiap KK rata-rata hanya memiliki 1 anak," ujar Darnice di kantornya, Poskesdes Paranonge, Jumat lalu (22/6).

Tiap pasutri yang memiliki satu anak, katanya, umumnya berusia kurang lebih 20 tahun. "Saya tanya mereka kenapa tidak kasih cukup dua anak, alasannya kalau ada anak kecil lagi mereka tidak bisa ke kebun. Tidak ada yang jaga," tutur bidan yang akrab disapa Arni alias Mama Cia ini.

Paranonge adalah desa dengan jumlah penduduk 300 jiwa lebih atau 105 KK. Desa ini diapit dua desa tetangga yakni Watusongu dan Kasiala.

Menurut warga lokal yang ditemui, selama ada dana desa, Kades Aldi Yosef benar-benar memanfaatkannya untuk pembangunan.

"Program pembangunan yang dilaksanakan benar-benar sesuai hasil Musrenbang dan kebutuhan masyarakat. Bendahara difungsikan kelola dana desa. Pak kades serahkan ke bendahara. Kemudian kalau untuk kepentingan umum beliau sangat bijak. Birokrasinya tidak kaku tapi tetap sesuai aturan," ujar Elvis, seorang warga di Paranonge.