Tekuk Mesir 3-1, Rusia Lolos ke Babak 16 Besar

T | Rabu, 20 Juni 2018 - 02:38 WIB
Tekuk Mesir 3-1, Rusia Lolos ke Babak 16 Besar Muhammad Salah tampak sedih, Timnya dikalahkan Rusia 1-3

PIALA DUNIA (wartamerdeka.net) - Timnas Rusia tampil luar biasa. Tim Beruang Mwrah ini berhasil menekuk timnas Mesir dengan skor meyakinkan 3-1 pada laga kedua Grup A Piala Dunia 2018, di Stadion Saint Petersburg, Selasa (19/6/2018) malam waktu setempat. 

Berkat kemenangan tersebut, Rusia menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Sebelumnya, tim Beruang Merah sukses menghajar Arab Saudi 5-0 pada laga perdana Grup A.

Sebanyak tiga gol Rusia tercipta di babak kedua, setelah pada babak pertama imbang tanpa gol. Gol-gol tersebut tercipta melalui gol bunuh diri Ahmed Fathi, dan dua gol pemain Rusia Denis Cheryshev serta Artem Dzyuba.

Satu-satunya gol hiburan timnas Mesir dilesakkan penyerang asal Liverpool, Mohamed Salah. Bagi timnas Mesir, kekalahan ini pun langsung membuat mereka masuk kotak atau gagal ke babak 16 besar.

Laga babak kedua baru saja dimulai, timnas Mesir sudah kebobolan. Gol Rusia ke gawang Mohamed El Shenawi tercipta akibat gol bunuh diri Ahmed Fathi.

El Shenawi sempat meninju umpan silang Aleksandr Golovin. Bola mengarah ke Roman Zobnin yang langsung melepaskan tembakan ke gawang Mesir.

Ahmed Fathi mencoba menghalau tendangan tersebut, namun malah bersarang ke gawang El Shenawi melalui sisi kiri gawang.

Timnas Rusia menambah keunggulan menjadi 2-0 berkat gol Denis Cheryshev pada menit ke-59. Cheryshev sukses meneruskan umpan tarik dari bek kanan Rusia, Mario Fernandez yang bersarang ke gawang El Shenawi.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Rusia kembali membobol gawang Mesir dan mengubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Gol diciptakan Artem Dzyuba memanfaatkan umpan langsung Ilya Kutepov dari lini pertahanan Rusia. Para bek timnas Mesir melakukan kesalahan dalam mengantisipasi umpan tersebut.

Dzyuba pun dengan mudah mampu memanfaatkan kesalahan para pemain Mesir dengan melesakkan tembakan yang bersarang ke gawang El Shenawi.

Mesir memperkecil ketinggalan menjadi 1-3 berkat gol eksekusi penalti Mohamed Salah pada menit ke-73.

Sang pengadil lapangan sempat tidak memberikan penalti setelah Mohamed Salah dijatuhkan Roman Zobnin di dalam kotak penalti. Para pemain Mesir pun protes dan meminta wasit melihat Video Assistant Referee (VAR). 

Wasit Enrique Caceres pun akhirnya menunjuk titik putih pada menit ke-72 setelah menengok monitor VAR. Salah pun sukses mencetak gol melalui tendangan penalti. Namun, gol Salah tak mampu menolong timnya.