Sekitar Rp 4,5 Miliar, Perputaran Uang di Perhelatan Yu Ngabuburit Kreatif In Ramadhan Tasik

Ariska | Rabu, 13 Juni 2018 - 20:03 WIB
Sekitar Rp 4,5 Miliar, Perputaran Uang di Perhelatan Yu Ngabuburit Kreatif In Ramadhan Tasik

TASIKMALAYA (wartamerdeka.net) - Perhelatan Yu Ngabuburit Kreatif In Ramadhan yang biasa digelar setiap sore selama bulan Ramadhan di Jalan EZ Muttaqin Kota Tasikmalaya, ternyata bisa menjadi destinasi wisata belanja ngabuburit favorit masyarakat selama satu bulan ini.

Pasalnya kehadiran kegiatan itu telah menjadi magnet bagi masyarakat.Karena terbukti setiap di gelar setiap sore itu, banyak di kunjungi oleh ribuan warga.Sehingga tentunya itu sangat berdampak positif kepada sejumlah pedagang dalam mendongkrak omzet jualannya.

“Alhamdulilah perputaran uang selama satu bulan dalam perhelatan ini sudah mencapai sekitar Rp 4,5 miliar.Jumlah angka itu merupakan hasil omzet dari total sebanyak 435 pedagang yang sudah di data oleh panitia selama ini,”ujar Ketua Panitia, Jufri di sela-sela pemberian santunan kepada sejumlah anak yatim piatu dan jompo, Rabu (13/6/2018).

Jufri mengatakan perhelatan yang pertama kalinya di gelar itu menghadirkan sejumlah pedagang fashion, PKL dan sejumlah mainan (odong-odong) dengan secara terpisah. Adapun mereka itu berjualan setiap sore mulai pukul 14.00-18.00 WIB selama bulan ramadhan ini.

Dalam setiap sorenya itu rata-rata sejumlah pedagang itu khususnya fashion dalam satu harinya memiliki omzet sekitar Rp 2 juta-Rp 7 juta.Sedangkan bagi pedagang kuliner itu sekitar Rp 500 ribu-Rp 600 ribu.Adapun omzet pedagang mainan itu di bawah pedagang fashion dan kuliner.

“Pedagang yang berhasil meraup omzet paling tinggi itu adalah Ibu Mia (fashion) dengan omzet sekitar Rp 7 juta per hari atau minimal Rp 2 juta.Sehingga selama jualan dalam satu bulan ini sukses meraih sebesar Rp 60 juta-Rp 100 juta.Sedangkan untuk kuliner itu yang berhasil meraup omzet tinggi adalah penjual es kuwut,”terang PNS di Dinas Pertanian Kabupaten Tasik itu.

Jufri menuturkan banyak omzet yang di raup itu, karena selama ini banyak juga sejumlah pedagang, sebelum tutup kegiatan itu, dagangannya sudah laris manis diborong oleh pengunjung.Sehingga itu sangat mendongkrak sektor ekonomi bagi sejumlah pedagang.

“Perputaran uang sebesar Rp 4,5 miliar itu sangat fantastis dan kami selaku panitia sangat bangga bisa mengelar perhelatan ini.Tentunya ini patut diapresiasi, sebab bisa membantu para pelaku UMKM.Tentunya event ini bisa berjalan sukses dengan dukungan masyarakat sekitar, Kelurahan, Kecamatan, Kepolisian, Dishub Kota Tasikmalaya juga yang lainnya,”bebernya.

Jufri menjelaskan dalam perhelatannya itu juga bukan hanya menampilkan wisata belanja saja, tapi juga telah menghadirkan perlombaan MTQ dan Qasidah tingkat Kecamatan Mangkubumi dan santunan berupa uang kepada sejumlah anak yatim piatu dan jompo.

“Perhelatan ini akan menjadi agenda tahunan di setiap bulan ramadhan, sehingga nanti pada 2019 akan digelar kembali. Pada tahun ini event tersebut adalah yang perdana.Namun dengan demikian, meski yang pertama kali tapi animo dari masyarakat sangat antusias dan hasilnya sangat luar biasa perputaran uang itu bisa mencapai sekitar Rp 4,5 miliar,”pungkasnya.

Jufri menambahkan acara itu besok akan segera berakhir dan kegiatan itu selama ini turut memecah keramaian di tengah kota.Sehingga menciptakan keramaian baru.Bahkan juga dapat memanfaatkan jalan itu yang biasanya di gunakan balapan motor liar.