Tertibkan PKL  Musiman di Hazet,  Satpol PP Kota Tasik Dapat Perlawanan  Pedagang dan Masyarakat

Ariska | Minggu, 10 Juni 2018 - 14:33 WIB
Tertibkan PKL  Musiman di Hazet,  Satpol PP Kota Tasik Dapat Perlawanan  Pedagang dan Masyarakat

TASIKMALAYA (wartamerdeka.net) - Penertiban yang di lakukan oleh Satpol PP Kota Tasikmalaya terhadap sejumlah PKL musiman di Jalan KH Zaenal Mustofa (Hazet).Ternyata mendapat perlawanan dari para pedagang tersebut yang di bantu oleh masyarakat sekitarnya.

“Perlawanan itu berupa penolakan untuk di tertibkan.Mereka keukeuh tidak mau di bongkar lapak dagangannya.Bahkan PKL dan warga sekitar itu menghalangi dalam penertiban itu,”ujar Kepala Seksi  (Kasie) Tibum Satpol PP Kota Tasikmalaya, Hendih yang di damping Kasie OF, Sandi, Minggu (10/6/2018).

Hendih mengatakan, dengan melihat situasi di lapangan itu, oihaknya tidak mungkin dipaksakan untuk melakukan penertiban tersebut. Karena dikuatirkan  dengan situasi itu, akan menimbulkan bentrok fisik antara Satpol PP versus PKL yang dibantu oleh masyarakat sekitarnya.

Sehingga kemudian pihaknya pun mengambil langkah untuk meredam situasi .Dengan  cara mengambil sikap persuasif untuk menarik sekitar 30  personil Satpol PP  tersebut.Supaya tidak terjadi chaos, apalagi ini sedang bulan Ramadhan dan beberapa hari lagi mau lebaran.

“Kami memang menjalankan perintah dari Pak Kadis Satpol PP untuk melakukan penertiban pada hari ini terhadap sejumlah PKL musiman di kawasan Hazet ini.Namun di lapangan ternyata telah mendapat ganjalan berupa penolakan dari PKL yang dibantu oleh sejumlah masyarakat lainnya,”terangnya.

Seperti dijetahui dalam pemberitaan sebelmnya di wartamerdeka.net, sejumlah PKL saat ini kembali memenuhi  di kawasan Hazet Kota Tasikmalaya.Padahal sebelumnya Satpol PP Kota Tasikmalaya sudah melakukan penertiban di kawasan jantung ekonomi kota santri tersebut.

Kehadiran puluhan PKL tersebut bukan hanya menyebabkan lingkungan menjadi semrawut, namun keberadaan sejumlah lapak itu pun memicu kemacetan.Pasalnya sejumlah PKL  berjualan memakan badan jalan. Sehingga tak ayal kawasan itu seperti pasar tumpah.

Para PKL itu berjualannya ada yang mengunakan tenda maupun mobil pick-up berjejer mulai toko trend hingga depan Yogya Dept Store.Mereka menawarkan beragam jenis pakaian untuk anak-anak, dewasa, baju muslim dan celana jeans yang dipajang menghadap jalan.