Disinyalir Sewa Lapak Rp 500 Ribu Hingga Rp 1,5 Juta, Puluhan PKL Musiman Marak di Kawasan Hazet Kota Tasik

Ariska | Sabtu, 09 Juni 2018 - 17:47 WIB
Disinyalir Sewa Lapak Rp 500 Ribu Hingga Rp 1,5 Juta, Puluhan PKL Musiman Marak di Kawasan Hazet Kota Tasik

TASIKMALAYA (wartamerdeka.net) - Sejumlah PKL saat ini kembali memenuhi  Jalan KH Zaenal Mustofa (Hazet) Kota Tasikmalaya. Padahal sebelumnya Satpol PP Kota Tasikmalaya sudah melakukan penertiban di kawasan jantung ekonomi kota santri tersebut.

Kehadiran puluhan PKL tersebut bukan hanya menyebabkan lingkungan menjadi semrawut, namun keberadaan sejumlah lapak itu pun memicu kemacetan.Pasalnya sejumlah PKL  berjualan memakan badan jalan. Sehingga tak ayal kawasan itu seperti pasar tumpah.

Para PKL itu berjualannya ada yang mengunakan tenda maupun mobil pick-up berjejer dari mulai toko trend hingga depan Yogya Dept Store.Mereka menawarkan beragam jenis pakaian untuk anak-anak, dewasa, baju muslim dan celana jeans yang dipajang menghadap jalan.

Irvan salah satu PKL yang berjualan jeans di atas mobil pick-up mengaku baru hari ini ikut berjualan di kawasan Hazet itu.Pihaknya sengaja datang dari Majalengka bersama dengan sebelas rekannya yang sama-sama berjualan jeans ke kawasan Hazet setiap menjelang lebaran.

“Kami ini sudah biasa berjualan jeans di sini setiap tahunnya.Bahkan tempat ini (lapak) sudah jauh hari di booking, sehingga tidak bisa di isi oleh PKL lain.Karena sudah menjadi langganan.Adapun sewa lapak ini sebesar Rp 500 ribu per harinya,”ujarnya, Sabtu (9/6/2018).

Irvan mengatakan biaya sewa diserahkan kepada pengelola di kawasan setempat dan rencana berjualannya itu selama 1 minggu (sampai malam takbir). Dengan membayar biaya sebesar itu, dirinya optimis bisa mereguk keuntungan berjualan di kawasan Hazet tersebut.

“Karena kami pengalaman setiap tahunnya jualan di sini itu lumayan untung. Karena lokasinya juga sangat strategis untuk berjualan.Sedangkan terkait sebelumnya ada penertiban dari Satpol PP, saya tidak tahu menahu, karena berjualan juga baru hari ini saja,”terangnya.

Sementara itu tempat yang sama salah satu PKL penjual asesoris yang tidak mau di sebut namanya menuturkan dirinya mengaku baru jualan hari ini dan menyewa lapak dengan tenda sampai malam takbir itu, sebesar Rp 1,5 juta kepada pengelola di kawasan tersebut.