Bamsoet Tidak Bisa Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Ar | Senin, 04 Juni 2018 - 13:39 WIB
Bamsoet Tidak Bisa Penuhi Panggilan KPK Hari Ini Ketua DPR Bambang Soesatyo (memukul gong) saat membuka kegiatan Pasar Murah dan Bazar di gedung DPR RI hari ini.

JAKARTA (wartamerdeka) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam lanjutan penyidikan kasus korupsi e-KTP pada Senin ini, 4 Juni 2018. Namun, Bamsoet menyatakan tidak bisa menghadiri undangan KPK tersebut.

"Pertama-tama saya mengapresiasi kinerja KPK yang semakin baik dalam melakukan penindakan terhadap perkara-perkara korupsi yang terjadi. Terkait dengan surat undangan dari KPK yang meminta kehadiran saya pada hari Senin, tanggal 4 Juni 2018 pukul 09.00 untuk didengarkan keterangannya sebagai saksi atas tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung, saya telah mengirim surat untuk dapat dijadwalkan kembali mengingat kegiatan di DPR pada pagi hingga siang dan kegiatan keagaman pada siang, sore hingga malam harinya telah terjadwal jauh-jauh hari," ujarnya dalam siaran persnya yang diterima wartamerdeka.net, pagi ini.

Menurutnya, surat dari KPK baru diterima di DPR pada Kamis sore dan baru malamnyafitinya diberitahu. Sementara Jumat dan Sabtu libur.
 
"Semoga ketidakhadiran saya dapat dimaklumi dan dipahami oleh teman-teman di KPK karena saya sendiri ingin bisa membantu proses penyidikan yang sedang berjalan," tambahnya.

Ketidakhadiran ini, kata Bamsoet lagi, hanyalah masalah teknis terkait adanya agenda dalam waktu yang bersamaan.
 
"Sekali lagi saya tegaskan, bahwa saya siap memberi keterangan yang dibutuhkan sebagai saksi sesuai dengan apa yang saya ketahui," tutup Bamsoet.

Seperti diketahui, Juru bicara KPK, Febri Diansyah, kemarin, menyatakan, pemeriksaan Bamsoet terkait penyidikan korupsi e-KTP dengan tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo (IHP) dan Made Oka Masagung (MOM). 

"Iya [Bamsoet akan diperiksa] termasuk yang diagendakan Senin. Besok untuk penyidikan IHP dan MOM," kata Febri pada Minggu malam (3/6/2018). 

Selain Bamsoet, menurut Febri, KPK juga mengagendakan pemeriksaan terhadap sejumlah anggota DPR RI lainnya, selama pekan depan.

Febri tidak memerinci nama-nama anggota DPR selain Bambang Soesatyo yang akan diperiksa KPK. Dia berharap para politikus itu memenuhi panggilan KPK. 

"Kami harap saksi-saksi yang dipanggil memberikan contoh baik dan hadir memenuhi kewajiban hukum tersebut," kata Febri.