KPK Tangkap Bupati Ngada

DANS/DTK | Minggu, 11 Februari 2018 - 22:39 WIB
KPK Tangkap Bupati Ngada Bupati Ngada, Marianus Sae

JAKARTA (wartamerdeka) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tangkap Marianus Sae yang tak lain adalah Bupati Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bupati Ngada yang juga dikabarkan mencalonkan Gubernur NTT itu terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK dan langsung digiring ke Jakarta.

"Sudah sampai di gedung KPK sekitar pukul 17.20 WIB," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dihubungi lewat pesan singkat, Minggu (11/02/2018).

Saat tiba di kantor lembaga antirasuah di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan itu, Marianus mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Dia juga didampingi petugas KPK.

Febri Diansyah mengatakan KPK ada beberapa orang yang diamankan dalam operasi senyap yang dilakukan di sejumlah daerah itu. Namun, baru 2 orang yang dibawa ke kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

"Satu kena OTT di beberapa daerah," kata Febri sebelumnya.

Selain Marianus, KPK juga mencokok beberapa orang lainnya dalam operasi senyap di sejumlah lokasi. Ada pula unsur pegawai pemkab yang diamankan.

Kini baru 2 orang yang dibawa, termasuk Marianus untuk menjalani pemeriksaan intensif dan menentukan status hukumnya. Dalam 24 jam setelah pengangkapan, KPK sudah harus menetapkan status mereka yang ditangkap.

KPK menduga adanya penerimaan hadiah atau janji terkait komisi proyek.

"Kami sedang dalami dugaan penerimaan oleh penyelenggara negara terkait fee proyek," ujar Febri.