Kerja Sama Dengan Jepang, Walikota Tasikmalaya Akan Kirim Sejumlah Tenaga Kerja

Ariska | Selasa, 15 Mei 2018 - 16:03 WIB
Kerja Sama Dengan Jepang, Walikota Tasikmalaya Akan Kirim Sejumlah Tenaga Kerja

TASIKMALAYA (wartamerdeka) - Kunjungan kerja Walikota Tasikmalaya Budi Budiman  beserta sejumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya ke Jepang beberapa waktu lalu, membuahkan hasil membuka kerja sama dalam pengiriman sejumlah tenaga kerja.

Walikota Tasikmalaya datang ke Jepang untuk memenuhi undangan resmi Walikota Mimasaka dan Walikota Okayama. Serta mengunjungi sejumlah perusahaan diantaranya Jetro Okayama, Chamber of Comerce Trade, Industry Okayama, Itanau Kikou, Okayama Institute dan Hito Communication.

“Kunjungan itu membuka peluang sejumlah tenaga kerja asal Kota Tasikmalaya untuk bekerja di sejumlah perusahaan yang berada di Mimasaka dan Okayama Jepang. Selain itu juga membuka peluang investasi perusahaan Jepang di Kota Tasikmalaya,”ujarnya, Selasa (15/5/2018).

Budi mengatakan di Kota Mimasaka itu membutuhkan banyak tenaga kerja pada bidang caretaker, pertanian dan tukang.Sedangkan di Kota Okayama tersebut banyak membutuhkan pada bidang perhotelan, pariwisata, informatika teknologi dan teknik mesin.

Pihaknya akan mempersiapkan fasilitas training centre dengan Sentra Global Education (SGE).Pihak penyeleksian dengan minimum tingkat pendidikannya itu D3 ataupun S1 dengan kemampuan Bahasa Inggris nilai Toefl 500 dan Bahasa Jepang dengan minimum level N3.

“Tingkat kebutuhan tenaga kerja itu juga akan membuka peluang bagi lulusan SMA dan SMK yang sesuai tingkat keahliannya.Karena Disnaker  Kota Tasikmalaya akan mengandeng pihak SGE selaku konsultan akan memberikan pelatihan Bahasa Jepang disini,”bebernya.