Demi Nafkahi Istri, Abah Umar Jalan Kaki Jual Buah Menelusuri Pusat Kota Tasikmalaya

Ariska | Senin, 14 Mei 2018 - 22:44 WIB
Demi Nafkahi Istri, Abah Umar Jalan Kaki Jual Buah Menelusuri Pusat Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA (wartamerdeka) - Meski usinya sudah renta, tidak membuat Abah Umar (83) patah semangat dalam menghadapi hidup.Terbukti setiap hari rela jalan kaki memikul berjualan buah menelusuri jalan di Kota Tasikmalaya.

Umar yang berasal dari Kelurahan Nagarakasih Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya itu, tak kenal menyerah terus berjalan kaki menawarkan dagangannya yang berisi buah jeruk, pear, pisang dan lainnya.

“Saya sudah 3 tahun menggeluti jualan ini, demi untuk menafkahi sang istri. Dengan cara ini lebih baik ketimbang harus menjadi pengemis. Karena masih kuat mencari uang dengan hasil keringat sendiri,”tuturnya, Senin (14/5/2018).

Umar mengatakan semua barang dagangnya itu dibelinya dari pasar. Kemudian dijual kembali dengan cara dibawa berkeliling. Sehingga setiap pagi itu berangkat dulu ke pasar dan setelah itu terus dilikul berjalan kaki hingga sore.

Dalam sehari penghasilannya itu juga tidak menentu.Namun paling tidak, bisa mendapatkan untuk satu kilo beras. Apalagi terkadang ada juga sejumlah pembeli yang sengaja memberikan uang lebihnya.

Pria dengan kondisi fisiknya sudah tidak fit itu mengaku saat ini tinggal hanya dengan istrinya saja.Sedangkan anaknya saat ini sudah pada bekerja.Sehingga harus banting tulang untuk bertahan hidup berdua dengan istrinya.

Umar bercerita awalnya bekerja sebagai buruh gergaji yang memproduksi kelom geulis.Tapi akhirnya penjualan kelom tersebut sepi.Sehingga banting setir jadi buruh serabutan sebelum akhirnya kini menjadi penjual buah keliling.

“Saya setiap hari itu jalan kaki melawan terik mentari menelusuri sepanjang Jalan BKR, Dadaha, Tentapel, Pemuda, Taman Kota, Hazet dan Ibu Apipah.Di sepanjang jalan itu juga sering beberapa kali istirahat dulu,”terangnya.

Potret kisah perjuangan semangat hidup Abah Umar itu patut jadi tauladan khususnya bagi generasi muda.Karena tidak mudah menyerah dengan keadaan.Sehingga mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi.