Tokoh Masyarakat Purwakarta Muchtar HP Usulkan Pendirian Lembaga Independen Dewan Ketahanan Daerah

A Budiman | Senin, 14 Mei 2018 - 15:44 WIB
Tokoh Masyarakat Purwakarta Muchtar HP Usulkan Pendirian Lembaga Independen Dewan Ketahanan Daerah Tokoh masyarakat Purwakarta Muchtar HP

PURWAKARTA (wartamerdeka) - Kurangnya kontrol sosial dari masyarakat Kabupaten Purwakarta untuk menyikapi  berbagai aspek terutama Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dan Pendapatan Asli Daerah serta penggunaan keuangan daerah yang dianggap kurang transparan membuat kalangan tokoh masyarakat Purwakarta yang diprakarsai oleh tokoh senior Muchtar HP SH MH menganggap perlu adanya kontrol di luar Pemerintahan yang independen, tidak memihak.

"Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan anggaran keuangan daerah yang dilakukan oleh pemangku kepentingan," ujar Muchtar HP  di depan puluhan tokoh senior di Kabupaten Purwakarta yang bersilaturahmi dalam rangka Munggahan menjelang Bulan Suci Ramadhan di Rumah Makan lesehan Sea food milik Dedi Efendi mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta di era Tahun 2013 pada Hari Minggu (13/5/2018).

Tampak hadir juga mantan Wakil Bupati Purwakarta Periode 2008 - 2013 Dudung B Supardi dan politisi Senior Awod Abdul Gadir.

Dalam diskusi dengan para tokoh ini, Muchtar HP menyampaikan gagasan dan ide dibentuknya Dewan Ketahan Daerah.

DKD, katanya, didirikan oleh para tokoh masyarakat di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan tingkat Kelurahan / Desa.

DKD berbentuk LSM yang merupakan representatif dari masyarakat selaku Owner Country and Goverment yang akan mendampingi siapapun Bupati terpilih dalam bidang pembangunan dan pengawasan serta korektif secara Akuntable dan trsnsparansi.

DKD, tambahnya, akan memberikan sumbangsih pemikiran secara konseptual baik diminta maupun tidak oleh lembaga eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

"DKD secara periodik juga akan menginformasikan capaian pembangunan daerah kepada masyarakat secara langsung. Dewan Ketahanan Daerah memiliki Dewan Pengawas yang akan mengawasi kegiatan kegiatan DKD,"  papar Muchtar HP.

Menanggapi gagasan dibentuknya Dewan Ketahanan Daerah ini para tokoh masyarakat Purwakarta menyatakan setuju dan akan segera membuat agenda untuk mendeklarasikan DKD dengan mengundang tokoh nasyarakat yang lebih menyeluruh dalam waktu yang tidak akan lama lagi.