Digelar Tiap Hari, 800 Pedagang Siap Ramaikan Yu Ngabuburit Kreatif di Bulan Ramadhan

Ariska | Minggu, 13 Mei 2018 - 17:24 WIB
Digelar Tiap Hari, 800 Pedagang Siap Ramaikan Yu Ngabuburit Kreatif di Bulan Ramadhan

TASIKMALAYA (wartamerdeka) - Animo pedagang yang ingin ikut berjualan di perhelatan Yu Ngabuburit Kreatif Bulan Ramadhan ternyata sangat besar. Terbukti saat ini banyak yang mendaftar guna mengikuti event yang akan digelar Jalan EZ Muttaqin Kota Tasikmalaya itu.

“Kami sudah siapkan lahan bagi 800 pedagang yang akan ikut menyemarakkan kegiatan itu. Saat ini sudah banyak yang mendaftar. Nantinya pedagang akan berjualan setiap hari selama satu bulan mulai hari Kamis (17/05/2018), pukul 14.00-18.00 WIB, ” ujar Ketua Panitia, Jufri, Minggu (13/5/2018).

Jufri mengatakan, dalam kegiatan itu, pihaknya akan menempatkan sejumlah pedagang fashion dan kuliner secara terpisah.Sehingga akan lebih tertata dalam penempatannya. Apalagi di lokasi jalan itu ada dua jalur yang bisa di manfaatkan untuk mengakomodir sekitar 800 pedagang.

“Dalam event itu, bukan hanya ada sejumlah pedagang fashion dan kuliner saja. Namun juga akan digelar lomba MTQ tingkat sekolah dasar, pergelaran kesenian di antaranya lomba qasidah, pencak silat dan lainnya. Nanti panitia akan menyiapkan panggungnya,”bebernya.

Kata Jufri, perhelatan itu sebenarnya pengganti acara CFD saja yang biasa digelar setiap minggu pagi. Berhubung sekarang mau menjelang bulan puasa, tentunya harus istirahat dulu. Sehingga diganti oleh acara yang baru itu  Tapi sebagian panitia ada juga dari CFD.

Perhelatan itu terbuka bagi semua pedagang yang ingin bergabung. Jadi tidak harus pedagang CFD saja, sehingga bagi siapapun yang berminat, sepanjang kuotanya itu masih memungkinkan, silahkan bisa menghubungi panitia ke nomor WA 082321692555.

Sedangkan terkait biaya pendaftarannya itu bagi pedagang fashion sebesar Rp 300 ribu, kuliner Rp 250 ribu dan untuk gerobak Rp 150 ribu.Namun khusus bagi warga di wilayah tersebut ada biaya discount.Dengan biaya sebesar itu tergolong sangat murah untuk kegiatan satu bulan.

PNS di Dinas Pertanian itu menjelaskan tenda yang akan di pasang oleh sejumlah pedagang itu luasnya sekitar 2x2.Sedangkan tenda itu di pasang tidak permanen, tapi harus di bongkar pasang.Karena bisa menganggu lalu lintas.Meski pedagang tersebut berjualan satu bulan.

Jufri mengaku, perhelatan itu merupakan pertama kalinya di gelar pada bulan puasa nanti.Namun ternyata sudah banyak di apresiasi oleh semua pihak.Bahkan terkait izin pun sudah direspon oleh pihak Kecamatan, Dishub dan Polresta.Sehingga izin pun sudah tidak ada masalah lagi.

“Kegiatan itu murni aspirasi sejumlah pedagang di CFD  dalam menghadapi bulan puasa. Mereka minta supaya diadakan event yang bisa mendongkrak penjualannya. Apalagi dengan adanya kegiatan itu bisa menciptakan keramaian baru dan memecah keramain di tengah kota,”imbuhnya.

Jufri berharap dengan adanya perhelatan di kawasan tersebut bisa bermanfaat untuk mendorong geliat ekonomi serta juga dapat menyemarakan bulan puasa.Ketimbang di lokasi itu terkadang pada setiap bulan puasa itu malah sering kali dipakai aksi balapan motor liar.