Polisi Tangkap Dua Pelaku Penipuan SMS Hadiah M-Kios 

Fer | Sabtu, 12 Mei 2018 - 15:53 WIB
Polisi Tangkap Dua Pelaku Penipuan SMS Hadiah M-Kios  Dua tersangka penipu diamankan Polres Jakarta Selatan.

JAKARTA (wartamerdeka) - Pihak Kepolisian masih mendalami lebih jauh kemungkinan masih ada korban lainnya dalam kasus penipuan pesan singkat SMS dari nomor yang mengatasnamakan M Kios berhadiah Rp100 juta di Jakarta Selatan.

Dalam kasus ini, petugas Polres Metro Jakarta Selatan berhasil menangkap dua pelaku penipuan benama Ruli (38) dan A Mannang (26). Kedua pelaku dibekuk polisi di rumah kontrakannya di daerah Sulawesi Selatan setelah menipu seorang wanita bernama Sulastri (33).

Akibat kejadian yang menimpanya, Sulastri mengalami kerugian Rp20 juta saat menerima SMS dari M-Kios.
 

"Modusnya korban mendapatkan hadiah di pesan singkat senilai Rp100 juta, dan oleh pelaku meminta website kejutan isi pulsa 2018, lalu dapat nomor kontak. Korban menelpon tersangka, diminta transfer beli pulsa untuk aktifkan PIN. Namun, korban diminta uang untuk mengurus hadiah senilai Rp9,6 juta dan Rp 11,4 juta dua kali transaksi via transfer,” kata Wakapolres Metro Jakarta Selatan AKBP Budi Sartono kepada wartawan, Sabtu (12/5/2018).
 

Setelah ditransfer korban, uang tidak dikirim juga oleh tersangka. Kasus itu pun dilaporkan ke polisi. Dari keterangan korban, pelaku dapat disergap tanpa perlawanan oleh pimpinan Kanit 1 Krimum Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Reza Mahendra setelah adanya laporan korban.

Kedua tersangka kepada petugas mengaku tiga minggu menjalankan aksinya itu. 

“Mereka meraup untung Rp 3juta. Kami masih menyelidiki apakah ada korban lainnya. Untuk di Jaksel satu. Tapi dilihat catatan para sasaran korban diarahkan Nomor Provider dari Telkomsel,” ujarnya.

Terkait kasus itu, Budi meminta masyarakat yang pernah mengalami penipuan dalam kasus yang segera melapor. 

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya terhadap hadiah apapun, kroscek terlebih dulu bersangkutan alamatnya dan lokasinya,” tutur wakapolres.

Dari kedua tersangka, petugas mengamankan barang bukti 6 HP, 4 Laptop, 4 Port Usb, 80 Usb, 100 simcard Telkomsel, 4 laptop, buku catatan, satu rekening BRI. 

Akibat perbuatannya tersangka dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman 4 tahun penjara.