650 Atlet Mengikuti Kejurnas Judo Piala Kasad di Palembang

Badar | Jumat, 04 Mei 2018 - 17:00 WIB
650 Atlet Mengikuti Kejurnas Judo Piala Kasad di Palembang

PALEMBANG (wartamerdeka)  - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup XI tahun 2018 resmi dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Jum’at (4/5). Kejuaraan yang diadakan di GOR Dempo Jakabaring Sport City tersebut diikuti oleh 650 atlet.

Kejurnas Judo Piala Kasad yang merupakan kegiatan even tahunan yang diselenggarakan kali ini adalah Kompetisi Judo Piala Kasad Full Body Contact dengan pembagian kelas dan Kategori, antara lain peserta Kelompok Kadet, Junior, Senior atau kelompok umum dan Kelompok TNI atau kelompok khusus.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga Minggu (6/5). Para peserta tersebut berasal dari 26 Pengprov PJSI se-Indonesia serta beberapa Instansi TNI AD.

Adapun untuk kelas yang dipertandingkan adalah Kelas Bulu sampai 59 Kg Putra/Putri, Kelas Ringan 59-63 Kg Putra/Putri, Kelas Menengah Ringan 63-70 Kg Putra/Putri, Kelas Menengah 70-80 Kg Putra/Putri, Kelas Ringan Berat 80-93 Kg Putra/Putri, Kelas Berat 93 Kg ke atas Putra/Putri dan Kelas Bebas Putra/Putri.

Disamping akan memperebutkan Piala Kasad, pihak penyelenggara menyiapkan total medali yang diperebutkan 240 buah, yang mana untuk kelas Senior, Kadet, Yunior dan TNI, masing-masing disiapkan 60 medali.

Selaku Ketua Umum PB-PJSI, Kasad Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya mengatakan bahwa, selain merupakan kegiatan yang telah diprogramkan oleh PB-PJSI, Kejurnas Judo juga sebagai ajang pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan. Yang diawali dari bawah (klub), untuk memunculkan bibit-bibit pejudo andal dan berprestasi di level yang lebih tinggi.

"Hadirkan diri kalian sebagai atlet-atlet unggulan yang siap mengukir prestasi pada event kejuaraan sekarang dan dimasa yang akan datang. Tunjukkan bahwa olahraga beladiri Judo ini merupakan salah satu kebanggaan bangsa. Karena pada dasarnya setiap bangsa memerlukan sesuatu yang dapat dijadikan kebanggaan dan kehormatan," ujarnya.

Menurutnya, dengan kebanggaan dan kehormatan itulah, kita semua dapat menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang besar, bangsa yang dihormati dan disegani oleh bangsa-bangsa lainnya di dunia.

Berbagai kegiatan turut memeriahkan dalam upacara pembukaan Kejurnas Judo Kartika Cup XI Tahun 2018 ini, di antaranya beberapa atraksi dan demonstrasi yang ditampilkan oleh ratusan Pejudo cilik dari TK Kartika Jaya. Suasana menjadi hangat ketika ratusan ibu-ibu Persit KCK gabungan jajaran Kodam II/Swj bersama-sama dengan mengikuti irama dan gerakan yang kompak bersemangat menampilkan Tarian Tobelo yang berasal dari Halmahera, Maluku Utara.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Kejurnas Judo tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han), para pejabat jajaran Kodam II/Swj dan perwakilan KONI Sumsel yang diwakili oleh Wakil Ketua KONI Sumsel Bapak Ahmad Yusuf Wibowo dan beberapa tamu undangan lainnya.


Baca Juga