Stop Senjata Nuklir

Donald Trump Ancam Hancurkan Korea Utara

Khairy Ataya | Rabu, 08 November 2017 - 17:44 WIB
Donald Trump Ancam Hancurkan Korea Utara Donald Trump

KOREA, MerdekaNews - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tebar ancaman. Dia meminta kepada Kim Jong-un untuk segera menghentikan ambisi senjata nuklirnya jika tidak ingin Korea Utara menghadapi bencana.

Trump bahkan menyebut Korea Utara sebagai neraka yang tidak layak dihuni. "Korea Utara bukanlah surga yang diharapkan oleh kakek Anda. Ini adalah neraka yang tidak layak dihuni seseorang," kata Trump seperti dilansir Guardian pada Rabu, 8 November 2017.

Berbicara di depan anggota parlemen di Majelis Nasional Korea Selatan, Presiden Trump juga menawarkan sebuah jalan yang lebih cerah jika Korea Utara mau meninggalkan program senjata nuklir, dan membiarkan pintu terbuka untuk diplomasi. Namun Trump juga memperingatkan Korea Utara bahwa Amerika siap menggunakan kekuatan militer jika diperlukan.

"Senjata Anda (Kim JOng-un) tidak membuat Anda lebih aman. Itu membuat rezim Anda dalam bahaya besar. Ini bisa mengakibatkan bahaya," kata Trump.

Berbicara langsung dengan Kim, Trump mengatakan bahwa "terlepas dari setiap kejahatan yang telah Anda lakukan terhadap Tuhan dan manusia", Amerika siap untuk menyelesaikan krisis secara diplomatis.

"Kami akan menawarkan jalan menuju masa depan yang jauh lebih baik," katanya. "Ini dimulai dengan mengakhiri agresi rezim Anda, menghentikan pengembangan misil balistik Anda dan denuklirisasi total yang dapat diverifikasi dan total."

Dia kemudian mengatakan jangan meremehkan Amerika karena tidak akan mentoleransi ancaman ke kota-kota Amerika dan tidak akan bisa diintimidasi.

Trump menambahkan bahwa dunia tidak akan mentolerir ancaman rezim nakal dan provokasi nuklir lebih lanjut. Dia juga meminta Cina dan Rusia untuk membantu menyelesaikan krisis nuklir dengan menurunkan hubungan diplomatik dengan Pyongyang dan memutuskan semua hubungan dagang.