Terkait Pungli Oknum Dishub 1.5 Juta, Dinas Perhubungan Lakukan Investigasi

Badar | Jumat, 06 April 2018 - 15:49 WIB
Terkait Pungli Oknum Dishub 1.5 Juta, Dinas Perhubungan Lakukan Investigasi Wakadishub DKI Jakarta

JAKARTA (wartamerdeka) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat telah melakukan pemeriksaan anggotanya berinisial MS yang diduga telah meminta uang damai Rp 1,5 juta kepada Herman (42), sopir angkutan barang, Rabu (4/4) lalu.

"Sudah diperiksa secara lisan dahulu. Nanti baru kami BAP tertulis untuk selanjutnya (sanksi) diserahkan ke dinas," ujar Hengki Sitorus, Kepala Seksi Operasional Sudin Perhubungan Jakarta Barat, Jumat (6/4/2018).

Menurut Hengki, saat pemeriksaan lisan memang MS tidak mengakui perbuatannya. Namun ada foto yang beredar saat MS melakukan aksinya. Selain itu ada juga bukti transferan dari korban sebesar Rp 1,5 juta.

"Ditransfernya bukan ke dia, tapi ke rekannya. Ini masih diperiksa. Apakah nanti dinas atau sudin yang memberikan sanksi, jelas kami tindak tegas," ungkapnya.

Sementara Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengaku telah mengetahui kasus ini. Bahkan ia telah melihat foto serta bukti tranferan yang beredar luas.

"Investigasi sedang dilakukan. Saya tahu fotonya, tapi ada prosedur, dan biarkan ini diperiksa internal," katanya.

Menurut Sigit akan ada sanksi tegas jika memang telah terbukti MS melakukan pungli. "Ini bukan kali pertama. Sebelumnya sudah pernah ada yang kita kenakan sanksi saat pungli," tandasnya.