Kota Tasikmalaya Mencalonkan Jadi Tuan Rumah Pertemuan APEKSI 2019

Ariska | Senin, 12 Februari 2018 - 13:04 WIB
Kota Tasikmalaya Mencalonkan Jadi Tuan Rumah Pertemuan APEKSI 2019 Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs HM Yusuf (kiri)

TASIKMALAYA (wartamerdeka) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya mencalonkan diri menjadi tuan rumah pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada tahun 2019.Kota Tasikmalaya dinilai layak untuk melaksanan perhelatan akbar yang digelar setiap tahun tersebut.

"Kami sudah melakukan langkah meminta rekomendasi dari Ketua Korwil 3 Jawa (Walikota Yogyakarta) dan menemui Ketua Umum (Walikota Tangerang Selatan). Kini hanya tinggal menunggu hasil keputusan di Rakernas APEKSI saja,"ujar Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs HM Yusuf, Senin (12/2/2018).

Yusuf mengatakan, selain Kota Tasikmalaya, beberapa kota juga ada yang sangat berminat mengajukan sebagai tuan rumah itu. Namun pihaknya merasa optimis Kota Tasikmalaya akan menjadi tuan rumah pertemauan Apeksi yang bakal dihadiri oleh 98 Walikota se-Indonesia itu.

"Kegiatan itu rata-rata dihadiri oleh sebanyak 50  atau lebih dalam setiap perwakilan satu kota saja dari 98 Pemerintah Kota se-Indonesia.Sehingga diperkirakan totalnya yang  datang itu sekitar 700 orang.Tentunya kehadiran banyak tamu itu bisa berdampak positif kepada ekonomi,"ujarnya.

Kata Yusuf, dengan adanya perhelatan itu bakal banyak tamu yang datang ke Kota Tasikmalaya. Tentunya itu bisa mendongkak perekonomian di masyarakat. Karena mereka bisa berbelanja produk khas Tasik atau berkunjung ke tempat wisata. Selain itu juga tingkat kunjungan hotel akan naik.

Sedangkan terkait kesiapan menjadi tuan rumah itu. pihaknya kini akan mengoptimalkan Bandara Wiriadinata dengan memperpanjang landasannya.Karena para peserta yang akan datang itu rata-rata akan mengunakan jalur transportasi udara.

"Mudah-mudah Kota Tasikmalaya bisa terealisasi menjadi tuan rumah tahun 2019 nanti. Sehingga bisa menjadi suatu kebangaan, sebab bisa menggelar kegiatan berskala nasional yang bakal di hadiri oleh 98 Walikota se-Indonesia"pungkas Ketua DPD Golkar Kota Tasikmalaya itu.