Warga yang Terkena Bencana di Karangpucung Terima Bantuan dari Pemuda Pancasila Kab Cilacap

Agus | Selasa, 13 Maret 2018 - 22:21 WIB
Warga yang Terkena Bencana di Karangpucung Terima Bantuan dari Pemuda Pancasila Kab Cilacap

CILACAP (wartamerdeka) - Warga dari enam desa di Kecamatan Karangpucung yang terkena bencana alam mendapatkan bantuan berupa bahan makanan pokok, mie instan dan 2000 buah karung kandi. 

Bantuan tersebut diberikan oleh Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Cilacap kepada 24 warga pada kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan di Dusun Ceger, Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung, Cilacap, Selasa (3/3/2018).

Penyerahan bantuan untuk enam desa tersebut yakni Desa Tayem Timur, Desa Tayem, Desa Bengbulang, Desa Karangpucung, Desa Babakan dan Desa Gunung Telu. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosial yang dilakukan Ormas Pemuda Pancasila dalam membantu masyarakat.

"Sebelumnya Ormas PP membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam seperti longsor yang menimpa rumah warga dan yang longsor yang menutup jalan," kata Ketua PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Karangpucung Ir. Bagong Suradji Miharja dalam sambutannya.

Hanya saja, lanjut Bagong, diantara begitu banyak bencana alam yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Karangpucung, sejauh ini baru enam desa yang bisa dibantu.

"Itu saja kemarin kami baru bisa menyumbang tenaga untuk masyarakat," ujarnya.

Untuk kedepannya, PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Karangpucung bertekad untuk terus meningkatkan kepedulian sosial terhadap masyarakat.

"Dengan keterbatasan kami, meskipun dari 14 desa yang ada di Kecamatan Karangpucung baru 11 desa yang susunan kepengurusan rantingnya sudah solid, kami bertekad, akan terus bergerak dan bergerak untuk kegiatan masyarakat," terang Bagong.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, kepedulian terhadap masyarakat dan kepedulian terhadap sesama ketika terkena musibah bencana alam juga merupakan implementasi dari kecintaan terhadap NKRI dan salah satu bentuk dalam menjaga keutuhannya.

"Dimanapun kita bertempat tinggal, kita wajib menjaga keutuhan masyarakat. Kalo kita tinggal di Dusun Ceger desa Tayem Timur, berarti NKRI kita Dusun Ceger dan kita wajib menjaganya," jelas Bagong.

Sementara itu Camat Karangpucung Tasimin, SE ketika ditemui dikantornya mengatakan, kegiatan yang diadakan Ormas PP merupakan kegiatan yang sangat positip. Ia juga mengapresiasi semangat Ormas PP yang terus membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam.

"Mudah - mudahan kedepannya lebih dibangun kembali kepedulian terhadap masyarakat yang terkena musibah dan yang membutuhkan bantuan. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih banyak telah membantu masyarakat Kecamatan Karangpucung dalam kegiatan sosial," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut terlihat hadir undangan dari Koramil 15/Karangpucung, perwakilan Aparat Desa Tayem Timur, perwakilan Kecamatan Karangpucung dan pemberi sumbangan tim dari kepengurusan MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Cilacap. Sekaligus mereka secara simbolis bergantian menyerahan sumbangan kepada beberapa perwakilan warga.