Longsor di Cimanggu, Dua Rumah Terancam Longsor Susulan

Agus | Senin, 12 Maret 2018 - 22:31 WIB
Longsor di Cimanggu, Dua Rumah Terancam Longsor Susulan

CILACAP (wartamerdeka) - Musibah tanah longsor terjadi di Dusun Petir RT  01 RW 06 Desa Karangsari Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Minggu (11/3/2018) pukul 06.00 WIB. 

Tebing setinggi 6 meter longsor dan menimpa rumah milik Murodi (50) dan membuat bangunan rumah bagian samping mengalami kerusakan.

Dalam laporan Koramil 14/Cimanggu yang diterima Sutaryo Penerangan Kodim 0703/Cilacap, Minggu (11/03/2018) mengatakan, longsor terjadi akibat tingginya curah hujan yang terjadi terus menerus.

"Tiba-tiba sekitar pukul 06.00 WIB pagi hari, Murodi mendengar suara batu jatuh kemudian Murodi langsung keluar melihat sekeliling rumahnya. Ternyata tebing dekat rumahnya menimpa rumah miliknya," kata Sutaryo.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Kemudian pemilik rumah, Murodi, langsung menghubungi Babinsa, Kepala Desa dan Perangkat Desa Karangsari, kemudian diteruskan ke Forkompincam Cimanggu.

"Kondisi saat itu masih hujan, sehingga diputuskan untuk kerja bhakti dilaksanakan setelah hujan reda," jelas Sutaryo.

Setelah hujan reda, kemudian kerja bhakti difokuskan untuk membersihkan material longsoran dan mencegah terjadinya longsor susulan.

Menurut Danramil 14/Cimanggu, Lettu CPM Agus Santoso, pada kejadian tersebut, anggota Koramil 14/Cimanggu terjun langsung membantu warga yang terkena longsor tebing permanen diatasnya, serta membuat penahan tebing untuk menghindari longsor susulan. 

"Mengingat saat ini masih ada dua rumah yang terancam tanah longsor yakni rumah milik Sutarmo (55) dan Surminah (35)," ujarnya.

Tebing yang longsor tersebut dengan panjang 15 meter dan tinggi 6 meter."Untuk kerugian ditaksir  mencapai puluhan juta rupiah," pungkas Danramil.