Reshuffle Kabinet Kala'tiku-Rinto di Torut Diprediksi April Mendatang

TOM | Minggu, 11 Maret 2018 - 17:48 WIB
Reshuffle Kabinet Kala'tiku-Rinto di Torut Diprediksi April Mendatang Kadis Pendidikan,  DT Rantetasak

TORAJA UTARA (wartamerdeka) - Setelah menjalani masa pemerintahannya sejak dilantik 31 Maret 2016 lalu, Bupati Kala'tiku Paembonan dan Wakilnya, Yosia Rinto Kadang, telah membentuk kabinet, dimulai dari eselon 2 hingga eselon 4 ke bawah. 

Pelantikan kabinet dari proses mutasi ASN (Aparatur Sipil Negara) itu,  meski berdalih sudah sesuai ketentuan perundang-undangan, tetap menuai sorotan.

Pasalnya, mutasi dan pengangkatan pejabat itu umumnya bersifat promosi. Alhasil, banyak mantan pejabat utamanya Eselon II terpaksa harus parkir karena nonjob. Ini sebagai imbas politik dari Pilkada lalu.

Kini, terbetik kabar Bupati Torut Kala'tiku Paembonan sedang mengevaluasi kinerja kabinetnya dengan prioritas pada level eselon 2.

Menurut sumber yang layak dipercaya di lingkup Pemda Torut, hasil evaluasi itu akan direalisasikan dalam bentuk mutasi yang direncanakan April tahun ini.

Sumber yang enggan disebut namanya ini menyebutkan, ada sampai minimal 5 OPD yang pejabatnya akan di mutasi,  yaitu Dinas PMPL, Dinas Pendidikan,  Dinas Pariwisata, dan Dinas Perindustrian serta satu lagi OPD.

"Kalau tidak salah ada lima, entahlah kalau masih ada lagi kita lihat saja ke kedepan dalam beberapa hari ini," tuturnya. 

Begitu pula mutasi Kepala Sekolah (Kasek) SD yang sudah lama ditunggu-tunggu. Bocoran yang diterima, mutasi Kasek ini jika tak ada aral melintang direncanakan minggu depan.

"Mudah-mudahan minggu depan," ujar sumber ini ketika dihubungi via ponsel, minggu pagi ini (11/3/2018).

Kadis Pendidikan,  DT Rantetasak,  ketika dikonfirmasi melalui ponsel, Minggu siang ini, juga membenarkan mutasi Kasek SD tersebut. "Rencana minggu depan ini, tapi belum ada penentuan dari bupati," ungkapnya di balik telepon.