Pangdam II/ SWJ Mayjen TNI AM Putranto, Resmikan Sanggar Saka Wira Kartika dan JFO Park

Badar | Minggu, 25 Februari 2018 - 20:07 WIB
Pangdam II/ SWJ Mayjen TNI AM Putranto, Resmikan Sanggar Saka Wira Kartika dan JFO Park

PALEMBANG (wartamerdeka)  - Panglima Kodam II/Sriwijaya (Swj), Mayor Jendral (Mayjen), TNI AM. Putranto, S.Sos meresmikan Sanggar Saka Wira Kartika Sultan Mahmud Badaruddin II Kodam II/Swj di komplek Garuda Putra KM 5 Palembang, Sabtu (24/2/2018).

Usai peresemian, lokasi tersebut langsung dipergunakan untuk menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Pramuka Saka Wira Kartika Kodam II/Swj Tahun 2018. 
 
Saat memberikan sambuatan pada peresmian Sanggar Wira Kartika tersebut, Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos. mengatakan, Saka Wira Kartika digagas TNI AD bertujuan umenumbuhkan, dan membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti yang menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dalam wadah ini, para pemuda yang tergabung dalam Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega, ditempa rasa kecintaannya kepada tanah air, semangat rela berkorban, dan kesadaran Bela Negaranya. Prajurit TNI membekali para pemuda dengan pengetahuan, dan keterampilan di bidang matra darat,” ujar Pangdam II/Swj.

Pangdam II/Swj mengajak para generasi muda melalui kegiatan Pramuka untuk dapat berkarya yang lebih baik untuk bangsa dan negara. “Pramuka menjadi pintu masuk bagi Angkatan Darat untuk membangun benteng yang kokoh di dalam diri para pemuda sehingga mampu menghalau berbagai pengaruh negatif,” tegas Pangdam.

Dalam rombongan Pangdam II/Swj turut hadir mantan Kasum TNI Letjen TNI (Pur) Johannes Suryo Prabowo yang pernah menjadi Kepala Kwarda Timor Timur.“Ajak teman-teman ikut bergembira bersama menikmati perbedaan melalui kegiatan Pramuka, dengan perbedaan kita bisa bersatu untuk membangun negara yang kita cintai ini,” ucapnya.
 
Ia juga menambahkan, sebagai generasi muda hindari narkoba, karena dengan narkoba akan merusak seluruhnya. Untuk itu, sebagai generasi muda harus selalu bergembira melalui kegiatan Pramuka. “Isilah hari-hari mudamu dengan kegembiraan melalui kegiatan Pramuka,” pungkasnya.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut mantan Kasum TNI Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo beserta Istri, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, SH.MH., Kasdiv 1/Kostrad Brigjen TNI Joko Putranto, Irdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Dandim 0418/Palembang, para Kasiter Korem, dan Kodim jajaran Kodam II/Swj, Pembina Pramuka Prov. Sumsel, para Pembina Kwarcab dan Kwarran se wilayah Kodam II/Swj, Ketua persit KCK PD II Sriwijaya beserta pengurus, dan peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodam II/Swj Tahun 2018.
 
JFO Park

Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., juga meresmikan Driving S kill Area Kodam II/Swj yang bernama Jasdam II/Sriwijaya Fun Offroad (JFO) Park. Driving Skill Area Kodam II/Swj JFO Park, yang dibangun diatas lahan seluas 2 Hektare oleh Kodam II/Swj ini merupakan gagasan langsung dari Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto. S. Sos.
 
Pembangunan JFO Park dirancang khusus dengan berbagai bentuk rintangan, dan kesulitan medan, hal ini dimaksud untuk mempertajam keterampilan para prajurit pengemudi dalam rintangan alam yang kerap dijumpai di medan operasi
 
Menurut Pangdam, JFO Park ini bisa dimanfaatkan untuk sarana rekreasi keluarga dan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat. Selain itu, JFO Park dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturahim bagi para komunitas 4×4 yang ada di wilayah Kodam II/Swj.
 
JFO Park juga bisa digunakan untuk sekolah offroad pemula, disini akan diajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan mengemudi di berbagai obstacle/rintangan, sesuai level kondisi medan yang dihadapi.

Termasuk teknik penggunaan peralatan Offroad, bagaimana aturan internasional dalam memperlakukan lingkungan. Seperti tidak boleh menebang pohon seenaknya, maupun penggunaan strap/tali pada pohon agar tidak mati.
 
Untuk diketahui bahwa, pembangunan JFO Park ini berawal berawal dari keinginan Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kodam II/Swj dengan memanfaatkan potensi, dan keahlian yang dimiliki oleh prajurit di satuan Kodam II/Swj terutama Satuan Bengrah A-02-41-01 Kodam II/Swj, sekaligus mengoptimalkan pemanfaatan lahan kosong yang ada di satuan Jasdam II/Swj Km. 9 Palembang 
 
Di bawah pengawasan langsung Pangdam II/Swj, dimulai dengan pembangunan Car Wash, dan Sriwijaya Café yang dilakukan secara swadaya, bahu membahu, dan saling mendukung, hari demi hari ide kreatif mulai menampakkan wujud fisiknya. Pekerjaan yang dilandasi oleh niat yang tulus dan ikhlas untuk tujuan mulia ini, pada penghujung tahun 2017 lalu telah mencapai kondisi 50%.
 
Tanpa kenal lelah, para prajurit menyelesaikan setiap proses pembangunannya, dan akhirnya di awal tahun 2018 ini pembangunan Driving Skill Area JFO Park telah dapat diselesaikan mencapai 100%.
 
Apa yang dilakukan AM Putranto mendapat apresiasi tinggi Rik Stegehuis seorang WNA asal Belanda yang telah menjadi WNI. Dia mengaku sudah mengenal Mayjen AM Putranto sejak 2010.

Rik mengatakan,  Mayjen Putranto orang yang unik dan bekerja dengan tulus dan ikhlas. “Itulah mengapa beliau itu menjalin hubungan kepada semua komunitas Offroad yang dapat membantu tugas tugasnya,” ungkapnya. kepada www.wartamerdeka.net, Minggu (25/2/2018).

Pendapat tak jauh berbeda disampaikan Kolonel Inf Jeffry. “Putranto orang yang konsisten dan tidak neko neko. Perhatiannya terhadap satuan sangat loyal dan kreatif sehingga dimanapun dia bertugas pasti meninggalkan sesuatu untuk dikenang. Saya satu angkatan di Akmil tahun 87 dan satu peleton dengan Putranto, dia orang yang sangat disiplin dan selalu menjadi penggagas ide ide cemerlang,” imbuhnya.

Sedangkan Martin Hilkman asal Amsterdam mengatakan terharu dengan kebaikan Jendral yang merakyat ini. “Saya suka dengan cara Jenderal bergaul dan mencetuskan ide ide cemerlangnya,” tandasnya.