Keok Dengan Persija, Persib Bakal Disepak Dari Liga

Khairi Ataya | Jumat, 03 November 2017 - 23:12 WIB
Keok Dengan Persija, Persib Bakal Disepak Dari Liga Laga Persib Vs Persija di Solo.

SOLO, MerdekaNews – Viking berduka. Setelah jagonya keok dengan Persija, Persib Bandung bakal disepak dari Liga 1.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan membawa kasus tersebut ke Komdis PSSI. Kini nasib Persib di ujung tandung.

Saat laga melawan Persija, Persib memutuskan tak melanjutkan pertandingan saat berhadapan dengan Persija di Stadion Manahan Solo, Jumat (3/11/2017). Wasit pun akhirnya meniupkan peluit panjang tanda pertandingan selesai di menit 83.

Persib merasa geram dengan kepemimpinan wasit, Shaun Evans Robert. Selain karena gol Ezechiel N'Douassel dianulir, Persib juga kecewa dengan kartu merah yang diberikan kepada Vladimir Vujovic.

Chief Operation Officer PT LIB Tigor Shalom Boboy menyayangkan sikap Persib tersebut. Sebab menurutnya Persib sendiri yang akan rugi.

"Ya, kami menyesalkan apa yang terjadi. Sesuai regulasi pasal 13, Persib bisa dianggap mengundurkan diri dari Liga 1," ujar Tigor.

Berdasarkan regulasi Liga 1 pasal 13, ayat 1 b dan c dijelaskan bahwa setiap klub dapat dianggap dan dinyatakan mundur dari Liga 1 apabila menolak melanjutkan pertandingan atau meninggalkan lapangan atau stadion sebelum selesainya pertandingan yang dijalankan.

Tigor menyatakan, masalah ini akan dibawa ke Komdis PSSI lebih dulu dan wasit juga bakal dievalusi. "Nanti komdis yang memutuskan. Nantinya akan ada evaluasi tentunya, termasuk terhadap wasit," katanya.

Bruno, Pahlawan Jakmania

Duel Persija-Persib Bandung berlangsung tegang. Diwarnai kartu merah, gol yang dianulir, dan penalti, Persija unggul 1-0 saat wasit meniup peluit panjang.

Di Stadion Manahan, Solo, Jumat (3/11/2017) sore WIB, Persib sempat unggul di menit 28 melalui Ezechiel N'Douassel. Tapi, wasit menyatakan gol tidak sah.

Keputusan wasit ini membuat pemain Persib sempat mengajukan protes dengan menolak masuk lapangan di awal babak kedua.

Persija kemudian mendapat penalti di menit ke-76 Bruno Lopes jatuh di kotak penalti. Bruno, yang mengambil eksekusi penalti tersebut berhasil menjalankan tugas dengan baik untuk membawa Persija unggul 1-0.

Drama di laga ini berlanjut dengan kartu merah yang didapat pemain Persib, Vladimir Vujovi. Dia menerima dua kartu kuning akibat melanggar pemain lawan dan memprotes keputusan wasit.

Keputusan wasit ini kembali menuai protes dari kubu Maung Bandung, mereka menolak melanjutkan pertandingan. Wasit pun lantas meniupkan peluit panjang tanda laga tuntas.