Tiga Pilar Bersama Elemen Masyarakat Tandatangani Komitmen Bersama Jaga Kamtibmas di Jakbar

Badar | Rabu, 14 Februari 2018 - 15:24 WIB
Tiga Pilar Bersama Elemen Masyarakat Tandatangani Komitmen Bersama Jaga Kamtibmas di Jakbar

JAKARTA (wartamerdkea) - Dalam rangka menjaga dan memelihara Kamtibmas di wilayah hukum Jakarta Barat, tiga pilar yang terdiri dari Polres Metro Jakarta Barat, Kodim 0503/JB, dan Walikota Jakarta Barat   menggandeng usur Forkopimko lainnya, serta masyarakat untuk bersinergi dalam menciptakan kamtibmas yang aman dan tenang.

Kegiatan silaturahmi yang diakhiri dengan menandatangani pernyataan atau komitmen bersama untuk menjaga Kamtibmas ini diadakan di gedung B walikotamadya Jakarta Barat dan dihadiri dari berbagai unsur, baik Polri,TNI maupun Forkopimko serta dari berbagai elemen masyarakat Jakarta Barat, Rabu (14/02/18).

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi,Sik MH sangat mengapresiasi dengan adanya kekompakan tiga pilar yang ada di wilayah Jakarta Barat ini. Dalam kegiatan silaturahmi ini pun Hengki sengaja memutarkan video tentang fakta yang terjadi di lapangan. Video ini menggambarkan berbagai macam kejahatan yang ada di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat, agar semua pihak sama-sama memperhatikan kondisi yang ada.

"Polri maupun TNI tak akan mampu menciptakan kamtibmas yang aman dan tenang kecuali kalau kita bersinergi secara bersama sama dalam menciptakan kamtibmas yang kita harapkan," ujarnya.

Sementara, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat Patris Yusrian Jaya (Jaksa utama Pratama) menyambut baik langkah yang ditempuh oleh Polres Metro Jakarta Barat dalam menekan segala bentuk kejahatan dan dirinya akan memberikan tuntutan semaksimal mungkin kepada pelaku kejahatan untuk menimbulkan efek jera.

Dalam ucapan yang sama, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, yang diwakili oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat pun memberikan tanggapan yang positif. "Pihak pengadilan sangat bersyukur atas kerjasama yang kompak baik kepolisian maupun kejaksaan dan pengadilan,"ujarnya.

"Kami disini telah menyaksikan video secara langsung tentang bagaimana kondisi nyata tentang bagaimana kriminalitas yang terjadi dan kami pun akan terus menjalin kekompakan demi terciptanya situasi Kamtibmas sesuai dengan yang kita harapkan," tambahnya.

Komandan Kodim 0503/JB  Letkol Andre Hendry Masengi pun akan mendukung dalam upaya Polres Metro Jakarta Barat dalam langka preventif maupun preemtif 

Selanjutnya, dalam pertemuan tersebut, dilakukan pengucapan komitmen bersama dalam sinergitas baik kepolisian, TNI maupun dari element masyarakat dalam rangka kesungguhan untuk menciptakan kamtibmas diwilayah Jakarta Barat yang aman dan damai

Pada kesempatan itu, Pusat Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) memberikan apresiasi terbentuknya silaturahmi forum komunikasi pimpinan kota (forkominko)  Jakarta Barat yang digagas  Kapolres Jakbar dan Walikota Jakbar. 

Lemkapi menilai, hal ini sangat strategis mengingat koordinasi dalam penanganan dan  pemberatasan  narkoba saat ini secara umum belum maksimal.

Menurut Edi Hasibuan Direktur Eksekutif Lemkapi, dibutuhkan sinergitas semua elemen masyarakat agar peredaran narkoba bisa ditekan sekecil mungkin, khususnya di Jakbar.  

Semua elemen masyarakat mulai dari RT, RW , tokoh agama, tokoh masyarakat, LSM, pengusaha hiburan, ormas harus menyatakan perang terhadap narkoba. Begitu juga dari aparat, Polri, TNI, pemerintah daerah, kejaksaan, lembaga pemasyrakatan, dan  pengadilan negeri juga kita dukung harus memberikan hukuman yang berat.

 "Jangan berikan ruang kepada pelaku narkoba. Karena masyarakat yang akan jadi korban," ungkap mantan anggota kompolnas ini saat memberikan masukan dalam silaturahmi Forkopimko tersebut.

Menurut Edi Hasibuan, komitmen Polres Jakbar yang terus membersihkan narkoba di wilayahnya tentu mendapat pujian dari berbagai pihak.  

"Kita harapkan dengan  sinergitas Forkopimko akan terpelihara  kamtibmas dengan baik. Kami yakin  akan terwujud semboyan Polres Jakbar 'erat bersama kuat bersahaja'," ujarnya.