Bapenda Kabupaten Karimun Gelar Sosialisasi Pemuktahiran PBB

Sihat | Sabtu, 10 Februari 2018 - 10:18 WIB
Bapenda Kabupaten Karimun Gelar Sosialisasi Pemuktahiran PBB

KARIMUN (wartamerdeka) -   Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Karimun,Provinsi Kepulauan Riau gelar sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

Sosialisasi pemuktahiran PBB dilakukan kepada ketua RT - RT yang ada di setiap Kelurahan dan Desa yang berada di wilayah Kecamatan-Kecamatan di Kabupaten Karimun. Dan hasil dari sosialisasi ini melalui ketua RT akan diteruskan kepada masyarakat yang ada di wilayah RT tersebut.

Adapun tujuan dari pemuktahiran PBB ini adalah untuk mendata tanah dan bangunan di wilayah Kabupaten Karimun agar pembayaran PBB dapat terlaksana dengan baik.

Kasubid Pendaftaran dan Pendataan PBB dan BPHTB, Eka Sari saat ditemui usai sosialisasi pemuktahiran PBB di gedung serbaguna Kelurahan Sei Raya, kemarin, mengatakan,  kegiatan ini adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya sosialisasi pemuktahiran PBB ini juga sudah Pernah dilaksanakan yaitu pada tahun 2015.

Namun pada tahun 2015 pemuktahiran PBB belum dapat  tuntas dilakukan secara menyeluruh di Kabupaten Karimun dan ini merupakan kelanjutan pemuktahiran PBB yang sudah pernah dilaksanakan Bapenda Kabupaten Karimun.

Belum tuntasnya pendataan yang pernah dilakukan Bapenda pada tahun 2015 diakibatkan  banyaknya kendala yang dihadapi petugas pendataan.

Seperti kendala yang sering dihadapi petugas pada saat pendataan yaitu lahan atau tanah dan bangunan pemiliknya tidak ada ditempat.Belum lagi ketika petugas mendatangi salah satu rumah mengatakan alasannya bahwa mereka tinggal dirumah ini hanya mengontrak,bahkan ada lahan yang ditemui tetapi siapa pemiliknya tidak ada yang tahu.

"Oleh karena itu untuk pendataan tahun 2018 ini  peran ketua RT sangat diharapkan sekali untuk membantu petugas dalam melakukan pendataan karena ketua RT lebih mengetahui wilayahnya masing-masing,"ungkap Eka Sari.

Lanjut Eka Sari,  dalam pelaksaan pemuktahiran PBB ini akan dibentuk 4 Tim dengan melibatkan pegawai setiap Kelurahan yang akan didata.Dalam pendataan ini Bapenda juga dibantu oleh seorang pensiunan pegawai pajak KPP Pratama yang membidangi PBB pada masa aktifnya.

Eka Sari juga menghimbau kepada masyarakat Karimun,apabila nanti ada petugas pendataan yang datang agar dapat membantu serta berperan aktif atau berperan serta dalam pendataan PBB ini.

Karena kadang-kadang masyarakat dalam pendataan ini,datanya sudah tahu salah tetapi dibiarkan saja.Jadi dalam kegiatan ini Eka Sari berharap dan memohon kepada masyarakat agar dapat mendukung,sehingga Tim petugas pendataan dapat data yang lebih benar.

"Tim pendataan PBB  dalam bulan Februari ini juga diharapkan sudah mulai bergerak untuk melakukan pendataan," terang Eka Sari.