Mencicipi Resep Indonesia di Kaohsiung, Taiwan

Bai | Sabtu, 10 Februari 2018 - 02:30 WIB
Mencicipi Resep Indonesia di Kaohsiung, Taiwan

KAOHSIUNG, TAIWAN (wartamerdeka) - Indonesia sangat terkenal dan kaya dengan aneka ragam masakan yang setiap daerah mempunyai ciri khasnya tersendiri. Tidak hanya di daerahnya, kini restoran Indonesia semakin melanglang buana. Buktinya semakin banyak restoran yang menawarkan menu Nusantara di berbagai negara di dunia. Salah satunya Restaurant Indonesia di Kaohsiung, Taiwan. 

Dibanding Taipei, Kaohsiung memang jarang terdengar. Tapi, kota tersebut merupakan lokasi bandara terbesar kedua di Taiwan, yaitu Bandara Internasional Kaohsiung dan pelabuhan laut terbesar di Taiwan.

Melalui kedua pintu gerbang itulah yang mendatangkan makanan Indonesia ke Taiwan. Banyak anak buah kapal (ABK) Indonesia yang berminggu-minggu hingga berbulan-bulan berada di kota itu untuk tinggal sementara saat kapalnya berlabuh, selain itu banyak juga mahasiswa yang berasal dari Indonesia yang belajar di sana.

Restoran yang menyediakan makanan dan minuman khas Indonesia itu salah satunya adalah “Indonesia Restaurant” yang terletak di 168, Minghua 1st Road, Zuoying District, Kaohsiung City 813 Taiwan.

Warta Merdeka sempat  berkunjung ke Kaohsiung Taiwan beberapa waktu lalu dan dapat bertemu serta berbincang – bincang dengan pemilik sekaligus koki Indonesia Restaurant yang merupakan warga negara Indonesia bernama Tety Latif. 

Mengenai alasannya membuka restoran Indonesia di Taiwan, Tety menyebut dia ingin mempromosikan kuliner Indonesia di Kaohsiung. Tidak saja kepada warga Taiwan tapi juga kepada warga asing yang ada di kota itu. 

“Masakan Indonesia ternyata sangat banyak peminatnya. Kita sering kewalahan,” kata Tety. 

kebanyakan konsumen yang datang ke restoran itu memang warga negara Indonesia, baik yang bekerja, para mahasiswa atau warga negara Indonesia yang sekadar singgah di Kaohsiung.

Tapi banyak juga warga asli Taiwan atau warga negara asing yang datang untuk menikmati masakan khas Indonesia.

Indonesia Restaurant telah mendapat sertifikasi halal dari Chinese Muslim Association (CMA). Menu yang ditawarkan pun sangat bervariasi dengan harga yang tak terlalu mahal seperti rendang daging, ayam goreng dengan lalapan dan sambal, lele goreng, nasi tumpeng, sate lilit, sate kambing, sate ayam, mie laksa, tumis kangkong dan banyak lagi menu khas Indonesia lainnya. Dan untuk minuman segar, restoran itu juga menyediakan es cendol, es buah dan es kelapa muda. Ada juga jajanan khas Indonesia seperti dadar gulung dan klepon.

Indonesia Restaurant buka setiap hari dari pukul 11.30 pagi sampai 09.00 malam, Soal bahan baku masakan, Tety menyebutkan ada beberapa bahan masih diimpor dari Indonesia.