Diterpa Angin, Pucuk Makara Kubah Islamic Center Miring

Ar | Jumat, 09 Februari 2018 - 21:14 WIB
Diterpa Angin, Pucuk Makara Kubah Islamic Center Miring

JAKARTA (wartamerdeka) - Terpaan angin kencang di musim penghujan mengakibatkan pucuk Makara Kubah Menara Jakarta Islamic Center (JIC) miring. 

Saat ini di kawasan menara yang miring tersebut sudah dipasang garis larangan melintas.

Kepala Unit Pengelola dan Pengembangan Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara, Ahmad Juhandi menyampaikan, untuk mengatasi hal itu pihaknya mencari solusi bersama pihak terkait agar miringnya pucuk Makara Kubah Menara tidak memakan korban.

"Kami melakukan peninjauan dahulu bersama Sekertaris Kota Jakarta Utara, Wakil Kepala Badan Manajemen PPPIJ, Kepala Sekertariat PPPIJ serta Kepala Pemadam Kebakaran Jakarta Utara," kata Ahmad Juhandi saat dihubungi pada Jumat (9/2/2018).

Ia melanjutkan, petugas pemadam kebakaran sebelumnya sempat meninjau lokasi miringnya pucuk menara menggunakan crane mobil pemadam kebakaran. Namun crane tersebut hanya memiliki ketinggian maksimal 90 meter.

"Sedangkan pucuk menara itu berada di ketinggian 114 meter. Jadi nggak sampai crane pemadam kebakaran," ujar Ahmad.

Selain itu, tanah di sekitar menara amblas karena tidak kuat menahan beban karena crane mobil pemadam kebakaran cukup berat.

Sementara itu, Sekertaris Kota Jakarta Utara, Desi Putra menyampaikan rekomendasi safety rescue untuk mengecek kondisi pucuk Menara setinggi 114 meter tersebut.

"Pertama-tama perlu ada bantuan dari petugas pemadam kebakaran dengan menaiki Menara secara manual agar mengetahui kondisi terkini pucuk Menara sehingga bisa dicarikan solusi bersama," ujar Desi Putra.

Jadi menurutnya, petugas pemadam kebakaran akan ditugaskan menaiki Menara JIC secara manual untuk mengecek situasi dan kondisi kemiringan pucuk menara dengan peralatan safety yang matang pada esok pagi. 

Hasil dari pengecekan tersebut akan ditindaklanjuti untuk dilaporkan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sebelumnya sempat beredar di media sosial foto miringnya menara Jakarta Islamic Center. Foto yang beredar tersebut diklarifikasi sebagai berita palsu atau hoax. Kabar yang sebenarnya hanya miringnya pucuk menara yang berada di ketinggian 114 meter. Sedangkan menaranya tetap berdiri kokoh.