Kodam II/Swj Akan Launching JFO Park 26 Februari 

Badar | Rabu, 07 Februari 2018 - 10:22 WIB
Kodam II/Swj Akan Launching JFO Park 26 Februari 

PALEMBANG (wartamerdeka) - Untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan di areal Jasdam II/Swj, Km 9, Palembang, Panglima Kodam II/Sriwijaya (Swj), membangun sirkuit offroad di lahan seluas 2 hektare.

Driving skill area Kodam II/Swj, diberi nama Jasdam II/Sriwijaya Fun Offroad (JFO) Park, dan akan dilaunching pada 26 Februari 2018 mendatang, ungkap Pangdam II/Swj, Mayjen TNI AM Putranto, Selasa (6/2/2018).

JFO Park dirancang khusus dengan berbagai bentuk rintangan, dan kesulitan medan, hal itu dimaksud untuk mempertajam keterampilan para prajurit pengemudi, dalam rintangan alam yang kerap dijumpai di medan operasi.

”Jadi awak kendaraan militer prajurit Kodam II/Swj harus siap menghadapi tugasnya dalam mendukung operasi satuan,” tegas mantan Panglima Divisi 1 Kostrad

JFO juga bisa dimanfaatkan untuk sarana rekreasi keluarga, dan komunitas sosial dengan komponen masyarakat, dan rencananya nanti, akan dilengkapi kafe terbuka serta ada tribun penonton dan toilet.

Di sisi lain, JFO Park sebagai ajang silaturahim bagi para komunitas 4×4 yang ada di wilayah Kodam II/Swj. 

”Bisa juga untuk sekolah offroad bagi pemula, di sana akan diajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan mengemudi di berbagai obstacle/rintangan, sesuai level kondisi medan yang dihadapi,” tuturnya.

Teknik penggunaan peralatan offroad juga diajarkan, termasuk bagaimana aturan internasional dalam memperlakukan lingkungan. Seperti tidak boleh tebang pohon seenaknya, maupun penggunaan strap/tali pada pohon agar tidak mati.

”Arena ini di lingkungan militer, jadi yang main di JFO Park wajib cuci mobil sebelum tinggalkan arena,” katanya. 

Lebih lanjut Jenderal Bintang Dua ini mengatakan, di JFO berbagai jenis varian kendaraan 4×4 sudah menjajalnya, yang dilakukan pada uji coba 24 Januari lalu. Dari sirkuit yang dapat diikuti oleh pemula itu, bisa terlihat tingkat kemampuan pengemudi dan kekuatan kendaraannya, serta nyali awaknya. 

Ketika ditanya Bagaimana nasib Sirkuit Sriwijaya Driving Skill Area (SDSA), Yonif Raider 200/Bhakti Negara, Gandus,   dia menjawab,  "Oh itu beda lagi, karena untuk di Raider, sebagai ajang lomba tingkat kejurda maupun seri kejurnas. Karena tipical route-nya berbeda, dan ada country road." (Badar)