Tanjung Balai Karimun, Tujuan Wisata Spektakuker

Bai | Senin, 05 Februari 2018 - 04:30 WIB
Tanjung Balai Karimun, Tujuan Wisata Spektakuker

KARIMUN (wrtamerdeka) - Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau merupakan salah satu kabupaten yang letaknya berbatas langsung dengan Malaysia dan Singapura.

Luas wilayah Kabupaten Karimun adalah 7.984 km2 yang terdiri dari 1.524 km2 luas daratan dan dengan luas lautan 6.460 km2. Ada terdapat 198 pulau dengan 67 pulau diantaranya berpenghuni. Kabupaten Karimun memiliki jumlah penduduk sekitar 174.784 jiwa. 

Dengan letaknya yang strategis Kabupaten Karimun merupakan wilayah yang sangat potensial dari segi ekonomi. Selain kabupaten dengan berpendapatan terbesar minerba ( granit, pasir darat dan tanah uruk ), Kabupaten Karimun juga menjadi opsi liburan bagi yang sedang mencari dan ingin mencoba destinasi baru.

Masih banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang belum tahu tentang Tanjung Balai Karimun.

Kepopulerannya memang belum setara dengan wisata di Raja Ampat Papua, Pulau Dewata Bali, dan berbagai wisata lainnya di Indonesia.

Namun, keindahan wisatanya jangan dipandang sebelah mata, dengan ratusan pulau yang ada di Kabupaten Karimun menjadi bagian destinasi wisata eksotik dan indah.

Kalau bicara soal wisata alam di wilayah perbatasan, Kabupaten Karimun adalah surganya.

Semua obyek wisata alam ada di Kabupaten Karimun. Mulai wisata pantai, berburu, mendaki gunung, mandi air terjun dan mandi air panas.

Selain itu, Kabupaten Karimun punya wisata budaya dan sejarah kejayaan Kerajaan yang tak kalah menariknya yang dimulai dari kekuasaan kerajaan Sriwijaya sampai abad ke -13 dibuktikan dengan prasasti yang berada di Pasir Panjang. Pada saat kerajaan Malaka menentang Portugis di masa pemerintahan Sultan Mahmud Syah I, Karimun dijadikan basis kekuatan angkatan laut.

Ada beberapa objek wisata alam yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Karimun diantaranya seperti Pantai Pelawan, Pantai Pongkar, Air terjung Pongkar, Pantai Ketam, Pantai Tanjung Ambat di Pulau Buru, Pantai Gading Tg. Batu, Pantai Batu Limau, Gunung Jantan, Makam Sibadang, kolam air panas di Tanjung Utan.

Dan bagi yang untuk berbulan madu direkomendasikan Pantai Telunas adalah tempatnya.

Alasannya, pantai ini menawarkan pengalaman tak terlupakan seperti sedang berada di pulau impian. Laut biru yang jernih seperti kaca, angin sepoi-sepoi, langit yang biru, dan hamparan pasir putih berada di wisata ini. Ditambah tersedia penginapan di atas laut seperti sedang berada di Maldives.

Pantai ini berada di Desa Mentangun, Kecamatan Moro, Pulau Sugi. Wisata di Pantai ini masih jarang diketahui oleh wisatawan lokal namun menjadi tempat favorit wisatawan asing. Berlibur ke tempat wisata ini, seolah-olah Anda merasakan berlibur di pulau pribadi. Selain menenangkan, juga sangat nyaman bagi Anda untuk menikmati pesonanya setiap saat.

Selain wisata alam, Kabupaten Karimun terkenal juga dengan kuliner khas daerah yang enak – enak seperti masakan asam pedas, seafood, lakse, lendot dan belum lagi makanan – makanan hasil produksi rumahan dari masyarakat setempat yang beraneka ragam. 

Dengan potensi kekayaan alam yang ada di Kabupaten Karimun dapat dijadikan objek wisata yang tak kalah hebatnya dari daerah – daerah lain di Indonesia apabila mendapat sentuhan hangat dari tangan – tangan professional pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan dukungan penuh dari pemerintah. Karena kemajuan perkembangan pariwisata di suatu daerah berdampak besar bagi perkembangan ekonomi daerah itu sendiri terutama bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.