Fenomena Supermoon Lebih Asyik Dilihat dari Tepi Pantai Ancol

Ar/Badar | Jumat, 26 Januari 2018 - 20:15 WIB
Fenomena Supermoon Lebih Asyik Dilihat dari Tepi Pantai Ancol

JAKARTA (wartamerdeka) -  Rabu, 31 Januari 2018, masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di Jakarta dan sekitarnya dapat melihat secara langsung fenomena langka yang dikenal dengan trilogi supermoon.

Peristiwa ini sangat langka mengingat hanya terjadi dalam siklus 150 tahunan. Aspek langka tersebut karena pada saat itu berlangsung tiga peristiwa alam secara bersamaan, mulai dari Supermoon, Blue Moon, dan Gerhana Bulan Total. Gabungan peristiwa itu yang membuatnya dinamakan Super Blue Blood Moon atau gerhana bulan biru kemerahan. Pada saat itu bulan akan berada pada titik terdekat dengan bumi (perigee).

Taman Impian Jaya Ancol sebagai salah satu destinasi wisata yang berada di Pantai Utara Jakarta, mengajak pengunjung untuk bersama-sama menyaksikan fenomena langka tersebut dari tepi pantai.

Rencananya akan mengundang nara sumber yang dapat memberikan edukasi kepada pengunjung yang akan melakukan pengamatan fenomena tersebut. Pengunjung cukup membayar tiket gerbang Ancol dan bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dapat mengunjungi Pantai Ancol secara gratis pada malam tersebut.

Sesuai dengan instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang disosialisasikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Pengelola Ancol siap menyambut kedatangan pengunjung yang akan menjadi saksi sejarah fenomena alam dalam siklus 150 tahunan tersebut.

“Kami menyambut baik himbauan Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang menyebut kawasan wisata sebagai lokasi untuk masyarakat Jakarta menyaksikan fenomena alam Supermoon, ” ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.

Untuk menyambut kunjungan masyarakat tersebut, Pengelola Ancol menyiapkan titik kumpul di jembatan cinta (le bridge) yang berlokasi di Pantai Timur Ancol.

Dipilihnya lokasi tersebut agar pengunjung dapat melihat proses Supermoon dengan jelas karena jembatan tersebut menjorok ke tengah laut maka diharapkan fenomena alam tersebut dapat terlihat jelas.

Tidak hanya menyediakan lokasi pengamatan, Pengelola Ancol bekerjasama dengan Yayasan Baiturrahman Jaya Ancol menyelenggarakan sholat gerhana bulan di Masjid Baiturrahman yang lokasinya berada dalam kawasan wisata Ancol.