Kalahkan Pasangan Tuan Rumah, Fajar/Rian Juara Malaysia Masters

Ar | Minggu, 21 Januari 2018 - 18:12 WIB
Kalahkan Pasangan Tuan Rumah, Fajar/Rian Juara Malaysia Masters Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto (kanan) yang berpasangan dengan Fajar Alvian.

JAKARTA  (wartamerdeka) - Setelah berjuang melewati pertarungan yang melelahkan, pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses menjuarai turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2018, yang juga menjadi gelar perdana mereka di rangkaian Turnamen Dunia format baru oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Berdasarkan laman BWF yang dipantau di Jakarta, Minggu, dalam partai final turnamen level 4 (Super 500) itu, Fajar/Rian mampu merebut gelar juara setelah memenangkan duel dengan pasangan tuan rumah Goh V Shem/Tan Wee Kiong. 

Partai final ini memang tidak mudah bagi Fajar/Rian. Selepas bermain ketat di awal gim pertama bahkan memimpin perolehan poin, 6-2 dan 8-7, poin mereka akhirnya tersusul karena faktor kesalahan sendiri dan membuat Goh/Tan membalikan kedudukan menjadi 14-8.

Berbagai usaha dilakukan duet Indonesia tersebut untuk kembali menyalip perolehan poin duet Malaysia. Namun seakan usaha pasangan Indonesia tak berarti, Goh/Tan mampu terus melaju dan memenangkan gim perdana 21-14.

Berbekal kemenangan di gim pertama, membuat pasangan Goh/Tan langsung tancap gas dengan mencetak enam poin tanpa balas di awal laga.

Dalam keadaan tertinggal 0-6 di awal laga, perlahan Fajar/Rian mengejar dan mampu mempertipis defisit poin tinggal satu angka 10-11. Akan tetapi Goh/Tan memupusan kembali harapan pasangan Indonesia dengan kembali menjauh 16-11 dan 18-13.

Menjadi harapan satu-satunya Merah Putih untuk merengkuh gelar di Malaysia, nampaknya menjadi dorongan semangat tersendiri bagi Fajar/Rian untuk tak menyerah.

Merekapun mampu mematahkan prediksi kekalahan yang menyelimuti mereka,  ketika tertinggal 13-18 tanpa disangka-sangka mereka mampu kembali mengejar bahkan membalikan keadaan hingga 20-18.

Tak mau kemenangan di depan matanya hilang, pasangan Malaysia mengetatkan kembali "ikat pinggang". Akhirnya mereka mampu mengejar 20-20 yang memaksa gim kedua ini berjalan lebih panjang.

Tapi momentum Fajar/Rian belum berakhir. Meski bermain ketat jelang akhir laga dan kembali disamakan 21-21 setelah lebih sempat memimpin terlebih dahulu, pasangan Indonesia berhasil memenangkan gim kedua 24-22 untuk memaksakan pemenang ditentukan oleh gim penentuan.

Kemenangan di gim kedua itu, menjadi pelecut semangat bagi Fajar/Rian untuk meraih gelar di turnamen berhadiah total 350 ribu dolar AS tersebut.

Goh/Tan sendiri seperti kehilangan harapan atas kegagalan mereka di gim kedua.

Terus tertinggal sejak awal gim pamungkas, duet Malaysia tak mampu lagi menghentikan laju kencang poin Fajar/Rian hingga pasangan Indonesia itu memastikan kemenangan cukup telah 21-13, lewat cocoran Fajar di depan net saat mengantisipasi servis Tan yang akhirnya jatuh di depan lapangan permainan pasangan Malaysia.