CFD EZ Muttaqin, Hadirkan Wisata Belanja Dan Olah Raga Bagi Warga Kota Tasikmalaya

Ariska | Minggu, 21 Januari 2018 - 12:10 WIB
CFD EZ Muttaqin, Hadirkan Wisata Belanja Dan Olah Raga Bagi Warga Kota Tasikmalaya

TASIKMALAYA (wartamerdeka) - Kehadiran sejumlah pedagang dan pelaku olah raga di kawasan Car Free Day (CFD) yang berlokasi di Jalan  EZ Muttaqin Kota Tasikmalaya,  kini telah memberikan warna tersendiri.  Dan daerah tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat pada waktu minggu pagi.

Ketua Pedagang CFD EZ Muttaqin, Aef Seapudin mengatakan,  keberadaan tempatnya itu sudah ada sekitar lima bulanan. Pasca relokasi dulu dari Jalan KH Zaenal Mustofa (Hazet). Saat ini ada sekitar 623 pedagang yang terbagi di 3 blok terdiri PKL fashion, kuliner dan yang lainnya.

“Di sini bukan pasar kojengkang, namun menghadirkan wisata belanja dan olahraga pada setiap minggu pagi. Karena kawasannya selama ini ada dua jalur yang dimanfaatkan. Pertama jalur sebagai wisata belanja dan satu lagi itu untuk kegiatan olah raga,”ujarnya, Minggu (21/1/2018).

Aef menuturkan, selama lima bulanan itu respon masyarakat yang datang sangat antusias. Terbukti pada setiap minggu rata-rata sekitar seribuan pengunjung. Tentunya dengan animo yang luar biasa itu sangat berdampak pada omzet kepada sejumlah pedagang.

“Bagi pedagang hanya dipungut biaya retribusi ketika jualan saja sebesar Rp 5 ribu. Sedangkan lokasi tempat tersebut berada di RT 03 dan RT 04 di bawah RW 14. Adapun pengelolanya oleh Karang Taruna Lembang Jaya Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi,”bebernya.

Pria yang menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Lembang Jaya itu menjelaskan,  dengan dilibatkan sejumlah warga sekitar tersebut,  tentunya ingin ikut berpartisipasi turut menjadikan CFD lebih tertata, aman, nyaman, bersih dan bisa menghadirkan sebagai kawasan wisata belanja dan olah raga. 

“Di sini lokasinya lebih memadai ketimbang sebelumnya waktu di Hazet. Karena sekarang ini bisa mengakomodir sejumlah pedagang dan para pelaku olah raga bisa berbarengan. Selain itu dengan menempati lahan baru ini  tentunya juga membuka pemerataan keramaian baru.

Aef menambahkan pasca relokasi itu, memang tidak semuanya berjalan maksimal. Namun juga ada sejumlah hal yang harus dievaluasi untuk ke depannya. Akan tetapi patut disyukuri sudah bisa berjalan sekitar lima bulanan itu. Karena dapat memberikan wajah baru CFD yang lebih refresentatif.

“Kehadiran CFD ini bisa memberdayakan sejumlah pedagang kecil. Mudah-mudahan kehadirannya  bisa memberikan hiburan, sekaligus berbelanja bagi masyarakat. Kami juga berterimakasih kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya yang sudah memberikan support selama ini,”pungkasnya.