Didik Anak Jalanan, Kapolres Jakarta Barat Berupaya Cegah Kejahatan Pedhopilia

Badar | Minggu, 14 Januari 2018 - 10:26 WIB
Didik Anak Jalanan, Kapolres Jakarta Barat Berupaya Cegah Kejahatan Pedhopilia

JAKARTA (wartamerdeka)  - Untuk mencegah terjadinya pencabulan dan pedophilia terhadap anak anak jalanan, Kapolres Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi memerintahkan jajarannya untuk melakukan berbagai kegiatan Preemtif dan Kuratif dengan mengusung tema “Polisi peduli anak belajar sambil bermain”. 

Menurut Kombes Hengki Haryadi, jajarannya berusaha mengantisipasi kekerasan seksual terhadap anak anak, yang tidak tertutup kemungkinan dapat terjadi di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat. 

"Sudah sering kita dengar, kasus pedophilia terjadi di beberapa daerah kota dan kabupaten di Indonesia, yang baru baru ini terjadi di wilayah Kabupaten Tangerang, Depok dan Tangsel. Untuk itu kami lakukan langkah langkah antisipatif terhadap anak anak, " ujar Kapolres, Minggu (14/1/2018). 

Salah satu contoh di Polsektro Tamansari, setiap hari Sabtu pukul 15.00 Wib, mengadakan kegiatan peduli anak dengan cara memberikan kegiatan  belajar terhadap anak jalanan,  yang diadakan di taman Fatahillah, kota tua, Kecamatan, Tamansari, Jakarta Barat. 

Sementara itu, Kapolsek Tamansari AKBP Erick Frendriz mengatakan, dalam kegiatan antisipatif peduli anak jalanan, pihaknya menggandeng pihak Yayasan Tri Kusuma Bangsa dan Komnas Anak.

Adapun Giat Preemtif yakni melaksanakan kegiatan peduli anak dengan mengajarkan hitungan meliputi, pertambahan, perkalian, pengurangan dan pembagian, yang diikuti 100 siswa anak anak jalanan kota tua, didampingi guru pembimbing dan pendamping sebanyak 10 guru. 

Guru memberikan Pengenalan kepada para Bhabinkamtibmas, Yel-yel Tepuk Tangan dari Yayasan kusuma Bangsa (TKB), Menyanyikan lagu-lagu perjuangan, Orientasi kawasan kota tua, dilanjutkan lagu-lagu kota. 

Dia juga mengimbau, agar anak anak lebih berhati hati. Jika ketemu dengan orang yang mengajak hal hal yang tidak sopan, segera teriak keras dan segera melaporkan peristiwa tersebut kepada orang tua atau kerabat terdekat dan Polisi. 

"Kami juga melaksanakan giat kuratif yakni melakukan vaksinasi difteri terhadap anak anak jalanan, yang bekerjasama dengan RSUD Kecamatan Tamansari," tutupnya.