Pendampingan Percepatan Tanam Kedelai di Ciwalen Dayeuhluhur Terus Dilakukan

Agus | Jumat, 12 Januari 2018 - 15:55 WIB
Pendampingan Percepatan Tanam Kedelai di Ciwalen Dayeuhluhur Terus Dilakukan

CILACAP (wartamerdeka) - Babinsa Ciwalen Koramil 17/Dayeuhluhur,  Kodim 0703/Cilacap, Serda Orbani mendampingi Kelompok Tani Harapan Mekar Desa Ciwalen, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap melakukan  tanam Kedelai di lahan milik PTPN IX, Kamis (11/1/2018).

Menurut Serda Orbani, untuk meningkatkan produksi kedelai tahun 2018, Babinsa bersama Kelompok Tani Harapan Mekar  terus berupaya melalui dua langkah, yaitu; pertama peningkatan produktifitas dan pengembangan areal tanam kedelai dan kedua melalui pengembangan areal tanam kedelai harus dilakukan perluasan areal lahan kering (tegalan), perkebunan dan lain-lain. Hal itu, seperti yang dilakukan di lahan perkebunan milik PTPN IX Dayeuhluhur.

"Akhir-akhir ini rendahnya produktivitas disebabkan sebagian besar petani belum menggunakan benih unggul, teknik pengelolaan tanaman masih belum optimal, saluran irigasi yang kurang mendukung serta belum optimalnya pengendalian hama dan penyakit tanaman,"kata serda Obani.

Secara terpisah, Danramil 17/Dayeuhluhur Kapten Inf Marjono, mengatakan kehadiran Babinsa dalam kegiatan pendampingan tanaman kedelai tersebut merupakan bagian dari kegiatan pendampingan ketahanan pangan dalam upaya mensuksekan Program Pemerintah Upsus Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).

"Babinsa akan terus mengawal dan melakukan pendampingan guna peningkatan produktivitas komoditi Pajale (Padi, Jagung dan kedelai), tidak hanya saat tanam, namun saat pendistribusian benih dan pupuk juga dilakukan pendampingan oleh seorang Babinsa," jelasnya.