Petahana Didukung 12 Partai Politik Melawan Kotak Kosong

Ahmad Ismail | Kamis, 11 Januari 2018 - 14:51 WIB
Petahana Didukung 12 Partai Politik Melawan Kotak Kosong

KOTA TANGERANG (wartamerdeka)  - Pasangan petahana yang sempat ramai diberitakan tidak maju bersama di pilkada Kota Tangerang Periode 2018 - 2023, Arief R. Wismansyah – Sachrudin bergabung kembali dan langsung mendeklarasikan menjadi calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang di Lapangan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang. 

Pasangan ini memborong 10 partai politik pemilik kursi di DPRD Kota Tangerang. Yaitu, Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP),  Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia - Perjuangan (PDI-P), Partai Nasional Demokrasi (Nasdem), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Dan dibantu oleh dua partai politik pendatang baru, yaitu. Partai Solidaritas Indonesia (PIS) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Setelah semua partai politik, Arief beserta Sachrudin membacakan naskah deklarasi di Lapangan Ahmad Yani. Dirinya dengan Partai Politik pendukungnya melanjutkan perjalanan menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang untuk mendaftarkan dirinya menjadi calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Periode 2018 - 2023. 

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane mengatakan bahwa pihaknya mempunyai batas akhir pendaftaran penerimaan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tangerang untuk Pilkada 2018 yakni tanggal 10 Januari 2018 pukul 24.00.

“Setelah dua hari lalu kita buka pendaftaran pada tanggal 8 Januari 2018, hari ini dipastikan hanya satu pasangan yaitu Arief dan Sachrudin dengan sepuluh partai pengusung, dan juga dua partai baru yang ikut membantu mengusung Arief - Sachrudin,” kata Sanusi.

“Karena tidak ada lagi partai yang tertinggal berdasarkan PKPU yang ada, kita lanjutkan proses yang ada dan tidak ada lagi penundaan tahapan. Kemungkinan jika berkas verifikasi sudah lengkap dan kita masukkan ke Silon, maka dinyatakan bisa dilanjutkan,” paparnya,  Kamis (11/1 /2018). 

Menurut Sanusi, tahapan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon pada Jumat dan Sabtu (12-13) Januari 2018 di RSUD Kabupaten Tangerang.

“Paslon akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kabupaten Tangerang. Pemeriksaan kesehatan ada tiga hal yang akan diperiksa, pertama yakni kesehatan fisik, kedua kesehatan psikologis, dan yang ketiga bebas narkoba,” lanjutnya

Ditegaskan Sanusi, proses tahapan Pilkada dengan Satu Pasangan Calon tidak ada yang berubah, hanya beberapa teknis kampanye yang ada perubahan yakni mengacu pada PKPU 14/2015, dan Masyarakat tetap memiliki 2 (Dua) Pilihan dalam Surat Suara nanti, Yakni kotak dengan gambar kedua pasangan calon, atau kotak tanpa gambar pasangan calon.

“Pilihan ada di tangan masyarakat. Itu hak mereka, yang penting masyarakat mau datang ke TPS dan ikut meningkatkan partisipasi Pilkada, dan bersama sukseskan Pilkada di Kota Tangerang,” tandasnya.

Dalam keterangan persnya, Arief Wismansyah menyatakan, pihaknya siap menang dan siap kalah apapun kondisinya. Harapan yang sama dinyatakannya, masyarakat harus menggunakan hak pilihnya.

“Memilih kami ataupun kotak kosong itu hak masyarakat, tetapi saya yakin masyarakat Kota Tangerang itu masyarakat yang cerdas. Jika kami memang berjodoh dan dapat dipercaya untuk memimpin kembali di Kota Tangerang, maka kami semua sepakat untuk bersama membangun Kota Tangerang,” pungkasnya