Kades Ciruyung: Kami Tidak Menggunakan Pemborong

Agus | Rabu, 10 Januari 2018 - 09:17 WIB
Kades Ciruyung: Kami Tidak Menggunakan Pemborong Kades Ciruyung Paryono

CILACAP (wartamerdeka) - Berkaitan dengan beredarnya informasi di masyarakat mengenai pengerjaan dana bantuan dari provinsi (Banprov) dengan jumlah Rp200 juta untuk pengerjaan talut di desa Ciruyung  menggunakan rekanan pemborong, dibantah oleh Paryono,  Kepala Desa Ciruyung,  Kecamatan Karangpucung,  Kabupaten Cilacap. 

Menurut Paryono, informasi tersebut merupakan kabar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. "Memang kabar kalo pengerjaan dana Banprov di Desa Ciruyung menggunakan pihak ketiga atau pemborong sudah geger dimana - mana, saya juga sempat menerima banyak SMS dari masyarakat mempertanyakan kebenaran kabar dan informasi itu. Tapi itu semua tidak benar dan sumber informasi tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan,"  kata Paryono ketika dikonfirmasi menjelang rapat validasi penerimaan PKH di Balai Desa Ciruyung, Rabu (9/1/2018).

Hal tersebut menurutnya tidak terjadi karena jika menggunakan pihak ketiga seperti Pemborong atau CV, itu melanggar aturan yang ditentukan."Kalo menggunakan pihak ketiga ya berarti kita menyalahi aturan dan tidak seperti yang disosialisasikan pada waktu kita mengikuti pertemuan di Cilacap dengan pihak Provinsi," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini pengerjaan proyek tersebut dikerjakan oleh waga Desa Ciruyung."Tidak ada satupun yang bekerja di proyek itu selain warga desa kami, warga Desa Ciruyung," terang Paryono.

Hanya saja, lanjutnya, ada salah satu pekerja yang diperbantukan mengawasi, mendampingi serta ikut menganalisa secara tekhnis."Orang tersebut Pak Dimong, dan juga warga Desa Ciruyung yang kami perbantukan belum lama. Dengan tujuan agar pekerjaan dapat berjalan dengan sesuai dan baik.  Hanya saja dia memiliki CV dan sering mengerjakan pekerjaan infrastruktur dengan sumber dana APBD, tapi untuk pekerjaan ini dia hanya diperbantukan secara tekhnis," jelas Paryono.

Dengan kejadian ini, Kades Ciruyung ini menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama warga Desa Ciruyung agar mengklarifikasi kejelasan mengenai informasi tentang Desa Ciruyung langsung ke sumbernya."Kami siap menjelaskan segala informasi mengenai apapun tentang desa. Seperti apa saja proyek yang sedang dikerjakan, mengenai sumber dana dan manfaat serta aturan juga regulasinya, bahkan jika mau menanyakan dana desa yang ada di Desa Ciruyung," ungkapnya.

Selain itu, Paryono bersedia berdiskusi dengan warganya baik di Kantor desa maupun di rumah "Saya jadi orang terbuka, kalau ada yang mau bertanya dijalanpun pun saya siap diberhentikan jika saya sedang berkendara. Jangan takut ketemu dengan saya," pungkasnya.