Laksanakan Program Presiden RI, Puskemas Karimun Gelar Pendataan Keluarga Sehat

Laksanakan Program Presiden RI, Puskemas Karimun Gelar Pendataan Keluarga Sehat

KARIMUN (wartamerdeka.net) – Dalam rangka program pendataan keluarga sehat, Puskesmas Karimun menerjunkan 17 Tim Pendataan yang masing-masing Tim terdiri dari empat orang yaitu, dua dari kesehatan Puskesmas dan dua dari Kader Posyandu untuk melakukan pendataan keluarga sehat di wilayah Kecamatan Karimun.

Penanggungjawab Program kegiatan Pendataan Keluarga Sehat se-Kabupaten Karimun,Fatrina Susanti, dari Puskesmas Tanjung Balai,Jumat (24/11-2017) saat ditemui usai melakukan pendataan mengatakan setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Karimun,Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sejak bulan Juli 2017 hingga sekarang ini sedang melakukan gebrakan keluarga sehat.

Pendataan ini akan terus berlangsung hingga seluruh Kelurahan dan Desa yang ada di Kabupaten Karimun selesai terdata.Sedangkan Fatrina Susanti,yang bertugas melakukan pendataan di wilayah Kecamatan Karimun menerangkan bahwa wilayahnya bertugas bersama Tim saat ini ada enam Kelurahan dan tiga Desa.

Sementara ini dirinya bersama Tim sedang melakukan pendataan yang kedua yaitu Kelurahan Tanjung Balai Kota setelah Kelurahan Sungai Lakam Barat dan sasaran kami yang paling utama yang ada di RT, RW.

Program ini adalah program Presiden RI, Joko Widodo untuk melakukan Pendataan Keluarga Sehat di seluruh Indonesia dan melakukan Hipertensi sesuai dengan 12 indikator Pin kesehatan keluarga yang kita dapatkan.

“Misalkan nanti kita dapatkan ada yang hipertensi akan kita arahkan untuk melakukan perobatan secara rutin.Contohnya kita menemukan masyarakat batuk-batuk selama dua minggu tidak sembuh-sembuh,itu akan kita lakukan pemeriksaan dahak untuk penyakit TB paru-paru,”ungkap Fatrina menjelaskan cara kinerjanya.

Tambah Fatrina Susanti, hambatan yang dihadapinya sekarang ini adalah masyarakat yang dihadapi pada umumnya untuk wilayah Kelurahan Tanjung Balai Kota adalah warga Etnis Tionghua yang kurang mengerti dengan bahasa,karena untuk menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan Timnya sulit dimengerti mereka.

Oleh karena itu Tim ini terpaksa harus meminta bantuan dari RT setempat dan dari komunitas Budha Tsuci, untuk menerangkan maksud dan tujuan kunjungan Tim.

Fatrina Susanti juga menghimbau bagi masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Karimun agar masyarakat terbuka dan dapat menerima kunjungan Tim ini dengan ramah tamah serta menyediakan identitas keluarga,terutama Kartu Keluarga (KK).

Terpisah,salah seorang masyarakat Kelurahan Tanjung Balai Kota,Ling Ling setelah mendapat kunjung dari Tim pendataan kesehatan,mengatakan program ini sangat baik sekali.Melalui program ini masyarakat akan mampu secara mandiri untuk menjaga kesehatannya dari ancaman sakit dan penyakit,bahkan masyarakat juga akan lebih mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan. (Sihat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *