Karnaval Budaya Semarakkan Tasikmalaya Oktober Festival

Karnaval Budaya Semarakkan Tasikmalaya Oktober Festival

TASIKMALAYA (wartamerdeka.net) – Event Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) yang akan di gelar pada 14-17 Oktober 2017 akan menampilkan sejumlah tontonan yang spektakuler.Pertunjukan itu salah satunya adalah pawai karnaval budaya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tasikmalaya, Drs H Undang mengatakan pertunjukan pawai karnaval budaya itu akan di laksanakan pada 15 Oktober 2017.Dengan melibatkan sejumlah pelaku seniman juga masyarakat lainnya.

“Star karnaval budaya itu di seputar taman kota, kemudian rutenya ke arah jalan otto iskandardinata, karena panggung utama ada di alun-alun.Ada dua kemungkinan dengan melihat situasi, apakah akan lurus ataukah belok kiri ke jalan wiratanuningrat.Itu masih di kaji Dishub dari berbagai aspek supaya tidak terjadi kemacetan,”tuturnya, Sabtu (7/10/2017).

Undang menjelaskan dalam event karnaval itu di pastikan akan di hadiri oleh ratusan peserta dari sejumlah pihak yang akan terlibat.Adapun pesertanya itu dari berbagai elemen komunitas masyarakat, BUMN, SKPD, Perusahaan swasta juga peserta dari kota/kabupaten yang lainnya.

Dalam karnaval itu khusus mengedepankan potensi unggulan produk tasikmalaya yakni batik, mendong, anyaman, bordir, payung geulis dan seni berbasis lokal.Sehingga ini bisa jadi ajang sebagai promosi kota tasikmalaya di mata nasional bahkan internasional.

“Nanti juga Pak Menteri Pariwisata yang akan membuka event TOF sekaligus juga akan menyaksikan karnaval budaya itu.Karena waktu launching di kantor kementerian pariwisata itu sangat di apresiasi.Karena beliau merasa yakin akan potensi tasikmalaya, sehingga memberikan support supaya bisa memfasilitasi pelaksanaan karnaval,”ujarnya.

Bahkan kata Undang, tidak tanggung-tanggung sang menteri itu juga ingin memfasilitasi dengan orang professional yang berkompeten di bidang karnaval.Dengan menghadirkan kurator karnaval tingkat dunia dan perancang event di jember karnaval supaya terlibat di karnaval TOF.

“Sehingga kami merasa bangga selaku kota yang sedang membranding akan kehadiran curator tingkat dunia juga perancang dari jember karnaval.Akan ikut andil untuk bisa mengemas karnaval di TOF itu, supaya adanya kehadiran orang-orang professional tersebut, bisa mengangkat nama karnaval kota tasikmalaya di kenal di tingkat nasional maupun internasional,”terangnya.

Undang menambahkan dalam karnaval itu selain pertunjukan juga perlombaan dengan menghadirkan sejumlah juri independent serta juga sejumlah para budayawan.Namun intinya bukan mengedepankan perlombaannya, melainkan kepada mengangkat budaya kearifan lokal.

“Kami menginginkan pertunjukan karnaval itu yang berkualitas mengangkat budaya kearifan local.Dengan cara menunjukan nilai-nilai keunggulan lewat fashion dengan berbasis potensi produk khas tasikmalaya.Sehingga di harapkan dengan adanya event tersebut bisa mendatangkan orang luar datang ke sini dan bisa ada efek domino secara ekonomi,”bebernya.(Ariska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *