HUT TNI, MASYARAKAT PANEN RAYA DI LAHAN PERKEBUNAN MAKODIM 0503/JB

HUT TNI, MASYARAKAT PANEN RAYA DI LAHAN PERKEBUNAN MAKODIM 0503/JB

BERTEPATAN dengan HUT TNI 5 Oktober, Kodim 0503/JB membebaskan masyarakat memanen berbagai jenis sayuran di lahan pertanian hidroponik milik Kodim.

“Ya, bersamaan dengan HUT TNI kemarin, kita membebaskan masyarakat memanen sayur sayuran di lahan pertanian hidroponik yang kita kelola. Mereka bisa ambil cabai dan sayur mayur yang ada sesuka mereka,” ujar komandan Kodim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf Wahyu Yudhayana.

Menurut Wahyu, Di usianya yang ke-72 tahun, TNI memang diharapkan bisa melakukan pembinaan teritorial salahsatunya berpartisipasi mengembangkan pertanian untuk bisa dimanfaatkan masyarakat.

Mereka memanfaatkan lahan tidur di tengah kota secara bersama-sama dan menyulap lahan menjadi kebun produktif dengan berbagai jenis tanaman berikut fasilitas lain seperti joging track. Lahan eks kantor Walikota Jakarta Barat itu terletak di samping Markas Kodim 0503/Jakarta Barat

“Penanaman hidroponik menggunakan cairan nutrisi mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk dapat tumbuh subur. Untuk akuaponik, perpaduan antara pertanian dan ternak ikan,” jelasnya.

Masih menurut Wahyu, ikan ditempatkan di sebuah kolam dan air kolam itulah yang dipompa dan dialirkan ke tanaman. Kondisi ini menyebabkan sirkulasi udara ikan tercukupi dan tanaman pun dapat tumbuh dengan baik.

“Karena kami tidak punya lahan yang luas, maka kami coba dengan sistem hidroponik dan akuaponik ini,” ujar Wahyu

Proses pembibitan tanaman sayur pun dilakukan di lahan itu. Dengan menggunakan spons khusus media tanam, bibit tanaman sayur disemai hingga siap dipindahkan ke media tanam hidroponik maupun akuaponik.

Pihaknya telah bekerja sama dengan Suku Dinas Pertanian dan Peternakan Jakarta Barat serta Suku Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Jakarta Barat.

“Bahkan sosialisai ke anak sekolah dan masyarakat juga telah kami lakukan. Ini jadi jawaban atas kurangnya lahan di Jakarta. Dan alatnya pun tidak perlu sebagus yang di Kodim ini, bisa menggunakan bahan-bahan daur ulang,” katanya.

Pembuatan Rumah Pangan Lestari ini juga ada di tujuh Koramil jajaran Kodim Jakarta Barat. Dalam waktu dekat, pihaknya akan buat juga di rumah susun (rusun) di Jakarta Barat. Target pertama adalah Rusun Pesakih, Daan Mogot. (badar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *