Delegasi Singapura Tertarik Akan Kembangkan Mendong Tasikmalaya Go International

Delegasi Singapura Tertarik Akan Kembangkan Mendong Tasikmalaya Go International

TASIKMALAYA (wartamerdeka.net) – Delegasi Singapura sangat tertarik dengan potensi produk unggulan Mendong yang berada di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Bahkan pihaknya berencana akan segera melakukan kerja sama.

Delegasi itu datang ke Kota Tasikmalaya dalam kaitan dengan kegiatan TIEC di Tasikmalaya Oktober Festival (TOF). Perusahaan Singapura tersebut berkunjung ke Purbaratu bertemu dengan sejumlah pengrajin dan pengusaha Mendong.

“Kami ingin kerja sama dengan sejumlah pengrajin juga pengusaha Mendong di sini untuk dikembangkan di Singapura. Bahkan nanti kami akan undang pengrajin, pengusahanya juga walikota dalam pameran di Singapura pada Maret 2018,”ujar Managing Director Jaco, Jery Tan, Senin (16/10/2017).

Tapi Jerry ingin melihat dulu bagaimana cara pengelolaan dan kualitas Mendong tersebut. Sehingga tahu secara langsung bagaimana cara perbuatannya. Karena untuk go international harus dikemas dengan sangat menarik.

“Namun kami lihat sekarang itu, masih cara tradisional sehingga kurang produktif. Termasuk juga desainnya juga tidak bisa mengikuti pasar. Sehingga ini nantinya harus ada inovasi baru supaya lebih menarik. Serta bisa bersaing dengan negara lain,”bebernya.

Jerry berjanji akan membantu dengan mengadakan pelatihan agar mereka tahu bagaimana cara meningkatkan produksi juga bagaimana membuat Nendong supaya lebih kreatif dan inovatif. Karena usaha mendong punya prospektif bagus.

“Kami itu dulu beli Mendong dari Yigyakarta dan Bali. Padahal ternyata Mendong di kedua kota itu justru belinya berasal dari Tasikmalaya. Sehingga nanti cukup beli di sini saja dengan cara kerja sama,”ungkapnya.

Setelah kunjungan itu pihaknya akan segera menindaklanjuti terkait kerja sama tersebut secara teknis.Dengan melibatkan Walikota Tasikmalaya, Bussines Development Center (BDC) dan Camat Purbaratu.

Sementara itu koordinator BDC wilayah Purbaratu, Riga mengatakan saat ini ada sekitar seratus pengrajin yang sudah siap melakukan kerja sama dengan delegasi Singapura tersebut. Bahkan pihaknya sangat merespon adanya delegasi itu.

“Kami berharap kerja sama ini bisa saling menguntungkan. Bahkan produk Mendong ini bisa kembali menjadi memiliki warna. Sehingga bisa bangkit go international dengan dibantu oleh delegasi Singapura itu,”imbuhnya.(Ariska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *