Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo Resmikan Gerakan “BeBAS”

Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo Resmikan Gerakan "BeBAS"

LIMBOTO (wartamerdeka.net) – Dalam rangka optimalisasi peran masyarakat dalam pengawasan makanan dan minuman di wilayah Kabupaten Gorontalo,melalui dinas kesehatan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo membuat satu inovasi sebuah gerakan”BeBaS”. 

Bupati Gorontalo Prof Dr Nelson Pomalingo  meresmikan gerakan tersebut pada pelaksanaan Gemilang Mobile di Kecamatan Tolangohula Desa Bina Jaya.

Dalam arahannya, mantan rektor UMG ini menjelaskan, gerakan BeBaS (Beli,Baca,sampaikan) adalah gerakan partisipasi masyarakat terhadap pengawasan peredaran makanan / bahan kadarluasa oleh pelaku UKM(usaha kecil menengah) dan produk makanan lainnya di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Bupati Nelson mengungkapkan,Gerakan BeBaS alurnya diantaranya Beli –Masyarakat membeli Produk, Baca- masyarakat dihimbau untuk lebih teliti dan cermat,masyarakat harus membaca tanggal kadarluasa dari produk yang dibeli,Sampaikan- ketika masyarakat dalam proses transaksi jual beli menemukan,cepat menyampaikan kepada Tim pengawas Kabupaten melalui SMS Center yang sudah tertera pada baliho atau selebaran yang sudah diedarkan pihak dinas kesehatan.

Kegiatan penyampaian dapat pula berupa menyampaikan hasil temuan masyarakat atas makanan ,minuman atau bahan makanan kepada pelaku UKM untuk diketahui dan tidak dijual lagi.

Bupati Nelson berharap, masyarakat Kabupaten Gorontalo menjadi pembeli yang cerdas ,sehat dan mandiri dalam menjaga kesehatannya.

Adapun manfaat gerakan ini bagi Pemerintah,  terciptanya kondisi masyarakat akan pentingya kesehatan dan terbebas dari paparan makanan,bahan makanan dan minuman kadarluasa.

“Bagi masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya meneliti sebelum membeli dan manfaat untuk bangsa dan negara mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat. Masyarakat Kuat,negara kuat,” ujar Bupati Nelson.(Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *